Headlines News :
Home » » Kabar Terkini Hilangnya Pesawat Air Asia

Kabar Terkini Hilangnya Pesawat Air Asia

Pesawat AirAsia Ditemukan, Kabar Terakhir Ditemukannya Pesawat AirAsia QZ 8501Pihak keluarga korban penumpang AirAsia yang hilang kontak menyebutkan, pihaknya mendapat informasi dari salah satu rekan di Singapore yang melihat siaran TV setempat yang melaporkan bahwa pesawat naas itu jatuh di perairan Pulau Batam, Kepulauan Riau. Info itu disampaikan keluarga korban saat GM Bandara Juanda Surabaya, Trikora Harjo, memberikan penjelasan resmi mengenai upaya yang sedang dilakukan oleh pihak TNI yakni mengerahkan seluruh kekuatan armadanya untuk mencari keberadaan AirAsia Qz8501.

“Saya mendapat telpon dari rekan di Singapore, katanya pihaknya melihat siaran TV bahwa pesawat Air Asia jatuh di perairan Batam,” kata salah satu keluarga korban di pihak terkait di bandara Juanda. Namun saat ditanya sumber resmi yang dikutip siaran TV dimaksud, pihak keluarga korban itu tidak bisa memberikan penjelasan lebih jauh. Sejauh ini, kata Trikora Harjo, pihak Kementerian Perhubungan, Basarnas, dan TNI terus melakukan pencarian dengan menurunkan armada-armada tercanggihnya untuk menyisir keberadaan AirAsia yang hilang dari berbagai akses, baik akses darat, laut maupun udara di sekitar Belitung Timur dimana kontak terakhir pilot sebelum dinyatakan hilang.


Badan Search and Rescue (SAR) Nasional menyatakan, pesawat AirAsia nomor penerbangan QZ8501 yang hilang Minggu (28/12/14) pagi, kemungkinan berada di dasar laut. Meski tanpa bermaksud mengecilkan harapan, tetapi pernyataan itu mengindikasikan pencarian dan upaya penyelamatan internasional akan rumit. “Berdasarkan koordinat yang tercatat terakhir dan evaluasi posisi kecelakaan yang diperkirakan di laut, maka hipotesis sementara adalah pesawat berada di dasar laut. Itu dugaan awal dan dapat mengembangkan berdasarkan evaluasi hasil pencarian kami,” kata Kepala Badan SAR Nasional Bambang Soelistyo di Jakarta, Senin (29/12/14).


Media Cina CCTV menulis di Twitter resmi mereka tentang penemuan puing pesawat Air Asia QZ 8501. "ada puing-puing pesawat yang ditemukan di Belitung" tulis CCTV. Kabar itu pun memicu kebingungan di kalangan keluarga penumpang. Salah satunya Intan, kakak kandung penumpang atas nama Martinus Djomie. "Banyak kabar yang beredar, termasuk soal mayat yang mengapung di laut Belitung tapi sampai sekarang belum ada kejelasan dari pihak aparat," kata Intan. Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi membantah kabar bahwa telah ditemukan puing pesawat di perairan Belitung. "Sampai sekarang pesawat itu belum diketemukan, jatuhnya atau bagaimana emergensinya, itu belum ditemukan," kata ketua KNKT Tatang Kurniadi, malam ini.


Tim Pencarian Pesawat AirAsia QZ 8501 menemukan benda berwarna kuning di Pulau Nasik, Selat Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Puing itu diduga merupakan puing pesawat Airbus AirAsia nomor penerbangan QZ8501 yang dinyatakan hilang sejak Minggu (28/12/14), sekitar pukul 07.55 WIB. “Pantauan tim pencarian dari helikopter diduga benda kuning tersebut merupakan puing pesawat AirAsia QZ 8501,” kata pilot helikopter Dauphin AS 365 Kapten Yosy Hermawan di Pangkalpinang seusai melakukan penyisiran, Senin (29/12/14). Dia menjelaskan, benda kuning tersebut baru dugaan karena titik penglihatan berada pada ketinggian 200 kaki. “Kami tidak dapat mendarat untuk memastikan benda tersebut karena lokasi berada di kawasan hutan belantara, sehingga tidak memungkinkan helikopter untuk mendarat.”

Namun, kata Yossy, salah satu wartawan luar negeri dari kantor berita China Xinhua mengambil gambar dengan menggunakan kamera berkualitas tinggi untuk memperjelas benda kuning tersebut. “Hasil pemotretan menyatakan benda tersebut diduga kuat puing dari AirAsia. Untuk membuktikan benda tersebut, tim akan kembali melakukan penyisiran yang lebih intensif dengan melibatkan pihak lain yang berkompeten,” ujarnya. Dia berharap, penemuan tersebut bisa menjadi salah satu awal titik terang hilangnya pesawat AirAsia yang kini masih menjadi tanda tanya. “Secepatnya kita akan kembali melakukan penyisiran ke lokasi yang sama untuk memastikan apakah benda kuning tersebut merupakan puing pesawat atau bukan.”


Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger