Headlines News :
Home » » Misteri Angka 17 Hari Kemerdekaan Indonesia

Misteri Angka 17 Hari Kemerdekaan Indonesia

Misteri Tanggal 17 Hari Kemerdekaan IndonesiaProklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 bisa jadi jalan tengah dari tarik-menarik keinginan antara kaum muda dan Sukarno-Hatta. Kaum muda, yang lebih dulu mengetahui kekalahan Jepang, mendesak Sukamo-Hatta; segera menyatakan kemerdekaan "hari ini juga" (15 atau 16 Agustus 1545). Sementara Sukarno-Hatta ingin proklamasi kemerdekaan melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Tarik-menarik keinginan itu tidak hanya mendorong para pemuda menculik Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok. Tetapi, membuat para pemuda bertindak , lebih jauh lagi. Sementara Sukarno-Hatta "ditawan", para pemuda meminta camat Rengasdengklok memproklamasikan S kemerdekaan pada 16 Agustus 1945. Sebelumnya, pada iKfM Agustus 1945 proklamasi kemerdekaan telah dinyatakaitjH di Cirebon. Boleh dikatakan, Cirebon dan Rengasdengklok' § lebih dulu merdeka.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tanggal diproklamirkannnya kemerdekaan Indonesia adalah 17 Agustus 1945, padahal pada saat itu salah satu tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia Sukarni mengusulkan agar teks proklamasi dibacakan pada tanggal 16 Agustus 1945 dengan alasan semakin cepat diproklamirkannya kemerdekaan Indonesia maka akan semakin baik.

Sukarni lahir pada tanggal 14 Juli 1916 di Blitar, Jawa Timur yang memiliki nama lengkap Sukarni Kartodiwirjo adalah salah satu tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia dari kalangan pemuda yang gigih melawan penjajah dari bumi pertiwi ini. Sebagai seorang tokoh pemuda Sukarni memiliki peranan yang sangat penting dalam proses proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dialah yang mengusulkan agar yang menandatangai teks Proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah Soekarno dan Moh. Hatta dengan mengatasnamakan Bangsa Indonesia. Dan Sukarni wafat pada usia 54 tahun di Jakarta tepatnya tanggal 7 Mei 1971.

Bukan suatu kebetulan Proklamasi kemerdekaan bangsa ini jatuh tanggal 17 Agustus. Ada alasan khusus Bung Karno memilih tanggal 17 agustus sebagai tanggal diproklamasikannya bangsa Indonesia. Bahkan pemilihan tanggal 17 oleh Bung karno sempat membuat perdebatan sengit dengan para pemuda yang saat itu menculiknya. Misteri dipilihnya tanggal 17 terungkap pada buku otobiografi Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia yang ditulis oleh Cindy Adams. Salah satu pemuda yang menananyakan kengototan Bung Karno memilih tanggal 17 adalah Sukarni.Inilah petikan percakapan Bung Karno dan Sukarni terkait pemilihan tanggal 17.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger