Headlines News :
Home » » 1 Agustus - Gelang Waktu Wisata Monas

1 Agustus - Gelang Waktu Wisata Monas

Per 1 Agustus 2014, Unit Pengelola Monumen Nasional (Monas) akan memberlakukan sistem gelang khusus untuk pengunjung yang ke tugu Monas.

"Jadi, gelang tersebut nanti akan diberikan waktu dengan warna berbeda," kata Rini Hariyani, Kepala Unit Pengelola Monas, saat ditemui Tempo di kantor Unit Penglola Monas, Selasa, 29 Juli 2014. 

Sistem gelang diberlakukan agar pengunjung tahu pada pukul berapa mereka bisa naik ke puncak Monas. "Jadi, mereka enggak usah ngantre dari awal. Disesuaikan dengan waktunya saja," ujar Rini.

Gelang tersebut nantinya akan dibagi menjadi delapan warna, antara lain hijau, biru, merah, dan jambon. Setiap gelang akan dituliskan waktu naik ke puncak Monas. Misal, gelang hijau naik ke puncak pukul 08.00 dan turun 09.00 WIB.

"Setiap gelang waktunya satu jam. Gelang terakhir dari pukul 15.00 hingga 16.00 WIB," tutur Rini. Gelang tersebut pun nantinya akan dikembalikan lagi kepada petugas. "Jadi, enggak dibawa pulang. 

Pemberlakukan sistem gelang disebabkan oleh pengunjung yang mengeluhkan tidak sempat melihat museum atau ke mana-mana karena harus mengantre untuk ke puncak Monas.

"Jadi, dengan adanya sistem gelang, mereka bisa bagi waktu," ujar Rini. Selain itu, untuk membatasi pengunjung ke puncak Monas juga. Jumlah pengunjung ke puncak Monas maksimal 1.600 orang.

Untuk pengunjung rombongan, menurut Rini, tetap akan diberlakukan sistem gelang. "Tapi enggak semua rombongan pakai gelang. Hanya ketua rombongan saja," ujar Rini.

Hal tersebut disebabkan jumlah tiap rombongan ke Monas terkadang berisi 300 orang. Padahal jumlah per warna gelang hanya 200 gelang. "Jadi, total keseluruhan ada 1.600 gelang." - Tempo

Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger