Headlines News :
Home » » Tarekat Naqsabandiyah Berpuasa 16 Juni 2015

Tarekat Naqsabandiyah Berpuasa 16 Juni 2015

Tarekat Naqsabandiyah Berpuasa 16 Juni 2015Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat telah menetapkan awal Ramadan 1436 Hijriah. Ribuan jemaah Naqsabandiyah akan berpuasa pada Selasa 16 Juni 2015.

Pimpinan jemaah Tarekat Naqsabandiyah Sumatera Barat, Mursyid Syafri Malin Mudo mengatakan, perhitungan awal Ramadan berdasarkan kalander dengan metode hisab Munjid. Metode ini bersumber dari kitab Munjid yang dipercayai jemaah ini sejak turun menurun.

Menurut Syafri, penghitungannya diawali dari awal tahun Hijriah tahun ini yang jatuh pada Kamis, yang dalam kalender itu hurufnya satu. Sementara, Ramadan dalam hisab Munjid itu hurufnya lima.

"Huruf awal Hijriah dengan huruf Ramadan dijumlahkan menjadi enam. Jadi puasa tahun ini dimulai dari enam hari setelah Kamis. Jadi jatuhya Selasa," katanya saat ditemui di Surau Baitul Makmur, Pasar Baru Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sabtu 13 Juni 2015.

Syafri menambahkan, dengan sudah ditetapkan awalnya Ramadhan, jemaah Naqsabandiyah akan memulai shalat tarawih, Senin malam.

Saat ini jemaah Naqsabandiyah tersebar di 50 surau di Kota Padang. Menurut Syafri, masing-masing surau diisi sekitar 300 jemaah.

"Itu Kota Padang aja. Belum lagi di Dharmasraya, Solok Selatan dan Pesisir Selatan. Kami perkirakan ada belasan ribu jemaah Naqsabandiyah di Sumatera Barat," ujarnya. - Tempo
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger