Headlines News :
Home » » Gempa Aceh Terkini Hari Ini 7 Desember 2016

Gempa Aceh Terkini Hari Ini 7 Desember 2016

Foto BMKG Gempa Pidie Jaya Mengerikan - Korban Kerusakan Gempa Aceh Terkini Hari Ini 7 Desember 2016 TsunamiGempa bumi berkekuatan 6,4 SR mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh pada pukul 05.03 WIB, Rabu (7/12/2016). Gempa yang berpusat di timur Laut di kedalaman 10 KM itu sangat merusak. Sejumlah bangunan yang berada di lokasi roboh. Bangunan super market, rumah penduduk sejumlah mesjid dan tiang listrik roboh. Tampak jalan juga amblas bahkan ada beberapa kendaraan tertimpa bangunan. Warga berhamburan keluar rumah. Sementara di Kota Medan juga merasakan getaran dampak dari gempa Aceh, kendati tidak kuat namun dapat dirasakan sehingga penduduk harus keluar rumah. Hingga saat ini diturunkan belum diketahui berapa jumlah kerugian dan korban akibat gempa tersebut.

Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) telah mengguncang wilayah Kabubaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh pada Rabu (7/12). Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pukul 05.03 WIB. Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 lintang utara dan 96,24 bujur timur, tepatnya di darat pada jarak 106 kilometer arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 kilometer. Meski begitu, gempa diprediksi tidak menimbulkan tsunami. Dilaporkan gempa sangat kuat dirasakan selama 15 detik di Kabupaten Pidie Jaya dan Kabupaten Pidie. Masyarakat panik dana berhamburan keluar rumah.

Bangunan di Kecamatan Bandarbaru Kabupaten Pidie Jaya roboh. Sebuah rumah di perbatasan antara Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya, yaitu di Kecamatan Gelumpang Tiga Kabupaten Pidie juga roboh dan menimpa penghuninya. Juga ada satu orang luka, 10 ruko roboh, 4 rumah roboh, beberapa tiang listrik roboh di Pidie Jaya. Ada beberapa bangunan di Ulle Glee Kabupaten Pidie juga roboh. Sedangkan di Kabupaten Bireuen terdapat masjid yang rusak akibat gempa.

BPBD masih melakukan pendataan. Dengan pusat gempa dangkal dan sumber gempa berasal dari sesar aktif yang menjadi pembangkit gempa bumi ini adalah Sesar Samalanga-Sipopok Fault yang jalur sesarnya berarah barat daya-timur laut. Diperkirakan bangunan tidak tahan gempa akan mengalami kerusakan. BNPB masih terus melakukan kajian dan koordinasi dengan BPBD. Tim Reaksi Cepat BPBD sudah berada di lokasi untuk melakukan pendataan dan memberikan bantuan pada masyarakat. Hasil monitoring BMKG menunjukkan hingga pukul 5.30 WIB sudah terjadi gempa bumi susulan sebanyak 5 kali dengan kekuatan terbesar 4,8 SR. BNPB akan terus dampak gempa terbaru.


Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger