Bencana Gempa dan Kecelakaan Kereta

Earthquake in Gansu province, China - Reuters photoGempa bumi berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Minxian dan Kabupaten Zhangxian, Provinsi Gansu, Tiongkok barat pada pukul 07:45 pagi (22/7). Gempa berpusat di Kecamatan Tabu, Kabpaten Zhangxian. Sementara itu Para pejabat Spanyol mengatakan sedikitnya 77 orang tewas dalam insiden kecelakaan kereta api di Spanyol utara, Rabu malam (24/7). Para penyelidik sedang memastikan apa yang menyebabkan sebuah kereta di Spanyol utara ke luar rel, menewaskan 77 orang dan melukai lebih dari 140 lainnya. Kereta api itu datang dari arah kota Madrid dan menuju Ferrol di barat laut.


Gempa Guncang Provinsi Gansu - Gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter di Provinsi Gansu, China Senin (22/7) pagi, telah mengakibatkan 89 orang meninggal dunia, sekitar 600 orang luka-luka dan lima orang lainnya masih dinyatakan hilang. Wakil komandan penyelamatan korban gempa Kota Dingxi Zhang Yidu dalam jumpa pers pertama semalam mengemukakan gempa telah mengakibatkan 87 orang meninggal dunia di kotapraja Minxian dan Zhangzxian. "Gempa juga telah mengakibatkan lima orang masih hilang dan 582 orang lainnya luka-luka, 85 orang dalam kondisi kritis, serta lima lainnya dievakukasi ke Lanzhou untuk mendapatkan perawatan intensif," ujarnya.

Zhang Yidu menambahkan, "prioritas utama adalah evakuasi dan penyelamatan korban selamat. Hingga kini masih ada lima orang yang hilang". Pihak otoritas di Beijing telah meningkatkan status tanggap darurat dari empat menjadi tingkat tiga. Kementerian Urusan Sipil telah mengirimkan 10 ribu tenda, 30 ribu selimut dan 10 ribu kantung tidur. Sedangkan Pemerintah Provinsi Gansu telah mengalokasikan sekitar lima juta Yuan untuk penyelamatan dan evakuasi para korban serta pemulihan pasca bencana.

Tak hanya itu, dua helikopter serta sekitar 3.000 personel polisi, pemadam kebakaran serta komponen masyarakat setempat lainnya dikerahkan untuk proses evakuasi dan penyelamatan bencana tersebut. Setelah gempa utama terjadi sekitar 400 kali guncangan susulan dengan kekuatan paling tinggi mencapai 5,6 SR. Sebelumnya Presiden Xi Jinping telah menginstruksikan seluruh pihak yang terlibat untuk melakukan upaya penyelamatan semaksimal mungkin dan memprioritaskan korban selamat. Presiden juga menginstruksikan kepada pemerintah daerah setempat untuk segera membangun tempat-tempat penampungan bagi para korban, dengan terus memantau kemungkinan gempa susulan dan meminimalkan korban jiwa serta kerusakan di area bencana dan sekitarnya.


Kecelakaan Kereta Api di Spanyol - Kecelakaan kereta hari Rabu dekat sebuah stasiun di luar kota kuno Santiago de Compostela itu merupakan kecelakaan kereta terburuk sejak 1972 ketika sebuah kereta bertabrakan dengan sebuah bis di Spanyol selatan, menewaskan 80 orang. Para petugas bantuan darurat bekerja sepanjang malam untuk menolong para korban yang selamat. Gambar-gambar televisi menunjukkan asap mengepul dari tempat kejadian, dan jenazah-jenazah yang ditutupi selimut di samping rel dekat gerbong kereta api.

Tim SAR, hari Kamis, menggunakan mesin derek untuk memindahkan gerbong-gerbong kereta dari lokasi kecelakaan. PM Spanyol Mariano Rajoy, yang lahir di Santiago de Compostela, tiba di kampung halamannya untuk meninjau lokasi kecelakaan. Para pejabat di Santiago de Compostela telah membatalkan upacara-upacara yang dijadwalkan berlangsung Kamis, ketika para umat Kristiani dari berbagai penjuru dunia berkumpul di kota itu untuk merayakan festival tahunan untuk menghormati Santo James, seorang pengikut Yesus, yang jenazahnya dikabarkan dikubur di sebuah gereja di sana.

Kota Santiago de Compostela merupakan tempat pertemuan utama bagi kaum Kristen yang berhasil sampai pada akhir rute El Camino de Santiago dan menarik kunjungan kaum Kristen sejak abad pertengahan. Kawasan Galicia, dimana Santiago de Compostela terletak, telah menyatakan tujuh hari masa berkabung untuk menghormati para korban kecelakaan itu.

Google Search : Bencana Gempa dan Kecelakaan Kereta
News Article About : Bencana Gempa dan Kecelakaan Kereta | Peristiwa Fenomena
Bencana Gempa dan Kecelakaan Kereta : 9 out of 10 based on 234 ratings - 72 user reviews.