Headlines News :
Home » » Lebaran Gempa 5,5 SR Guncang Pacitan

Lebaran Gempa 5,5 SR Guncang Pacitan

Gempa 5,5 SR Mengguncang PacitanBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa bumi berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) yang telah terjadi di barat daya Pacitan, Jawa Timur, Kamis, pukul 17.45 WIB tidak berpotensi menimbulkan ancaman tsunami.

BMKG melalui Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi Lampung, Yuharman, menyebutkan bahwa gempa bumi dengan kekuatan 5,5 SR bersamaan dengan Idul Fitri 1434 Hijriah itu, berpusat pada koordinat Lintang 8.89 derajat Lintang Selatan (LS) dan Bujur 110.87 derajat Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 10 km.

Lokasi gempa pada 93 km barat daya Pacitan Jatim; 105 km tenggara Gunungkidul Yogyakarta; 108 km barat daya Wonogiri Jawa Tengah; 143 km tenggara Yogyakarta; dan 545 km tenggara Jakarta.

Rasakan Guncangan Gempa 5,5 SR, Warga Pacitan Panik

Gempa berkekuatan 5,5 SR yang mengguncang Pacitan, menyebabkan kepanikan di sejumlah wilayah di Kota 1001 Goa. Warga tampak berhamburan keluar rumah untuk menghindari bahaya.

Terlebih, peristiwa tersebut terjadi saat kebanyakan warga sedang saling kunjung. Pantauan detikcom di Lingkungan Gantung, Pacitan, beberapa orang yang sedang menikmati santap malam berlarian menuju teras rumah. Sebagian masih membawa piring berisi makanan. Sebagian lainnya memilih berada di pinggir jalan untuk menghindari bangunan tinggi.

"Nggak terlalu keras guncangannya tapi lumayan lama," ujar Wahyu Kusumo (50) pemudik yang sedang berlebaran di kampung halaman saat ditemui di depan rumahnya, Jl. Hasanuddin, Lingkungan Gantung.

Hingga pukul 18.37 WIB belum ada konfirmasi terkait kerusakan akibat gempa tersebut. BPBD setempat masih melakukan pemantauan dan koordinasi ke seluruh wilayah kecamatan.

"Kami masih mengumpulkan informasi dari semua wilayah. Mudah-mudahan ndak ada kerusakan," ujar Ex Officio BPBD Pacitan Mulyono dihubungi melalui telepon.

Sebelumnya BMKG merilis, gempa berkekuatan 5,5 SR terjadi pada pukul 17.45 WIB. Pusat gempa berada pada koordinat LS 110.87 BT atau sekitar 93 kilometer arah barat daya Kabupaten Pacitan.

Sumber : Antara Detik
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger