Headlines News :
Home » » Ubur-Ubur Serang Wisatawan Palabuhanratu

Ubur-Ubur Serang Wisatawan Palabuhanratu

Ratusan Wisatawan Palabuhanratu Tersengat Ubur-UburRatusan pengunjung Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi tersengat ubur-ubur saat berenang di pinggiran pantai, Sabtu (10/8). Puluhan korban diantaranya terpaksa harus dibawa ke rumah sakit karena kondisinya cukup kritis.‘’Data sementara korban sengatan ubur-ubur mencapai sebanyak 167 orang,’’ ujar Wakil Ketua Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu, Yanyan Nuryanto.

Sebanyak 18 orang diantaranya dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palabuhanratu karena kondisinya kritis.Korban lainnya sebanyak 22 orang di bawa ke Balai Pengobatan Citepus. Sementara seratusan korban lainnya hanya ditangani oleh penjaga pantai.

Yanyan menuturkan, ratusan wisatawan tersengat ubur-ubur di sejumlah lokasi. Di antaranya Pantai Citepus, Katapang Condong, dan TWA Sukawayana.

Peristiwa ini, kata Yanyan, harus menjadikan setiap wisatawan berhati-hati saat berenang di tepian pantai. Bila terkena sengatan ubur-ubur, maka pengunjung harus segera melapor kepada petugas penjaga pantai. Gejala umum bila terkena sengatan ubur-ubur misalnya sensasi terbakar, gatal, dan kesemutan.


Sejumlah obyek wisata di Kabupaten Sukabumi akan diserbu wisatawan pada momen libur lebaran mendatang. Kondisi ini menjadi salah satu fokus pengamanan yang dilakukan aparat Polres Sukabumi.

‘’Untuk mengamankannya, Polres membuka 17 pos pengamanan (Pos Pam) di sepanjang obyek wisata pantai di selatan Kabupaten Sukabumi,’’ ujar Kapolres Sukabumi AKBP Asep Edi Suheri, Selasa (6/8). Keberadaan pospam ini berada mulai dari Pantai Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap hingga Pantai Cibangban Kecamatan Cisolok.

Menurut Asep, jumlah personel yang diterjunkan mencapai sebanyak 166 orang. Mereka berasal dari Polres Sukabumi, TNI Angkatan Laut (AL), dan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu. Ratusan petugas gabungan ini akan secara rutin melakukan patroli ke lokasi yang dipadati wisatawan.

Pengamanan obyek wisata, kata Asep, dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakan laut berupa tenggelamnya para wisatawan saat berenang di pinggiran pantai. Wakil Ketua Balawista Palabuhanratu, Yanyan Nuryanto, mengatakan kawasan wisata Pantai Palabuhanratu memang seringkali dipadati pengunjung pada libur lebaran. Para wisatawan kebanyakan berasal dari luar kota seperti Jakarta, Bekasi, Bogor, dan Bandung.

Selain di selatan Sukabumi, kawasan perbukitan di utara Sukabumi juga menjadi tujuan liburan para wisatawan. Salah satunya kawasan wisata alam Selabintana di Kecamatan/Kabupaten Sukabumi. "Sudah rutin, pada saat libur lebaran ribuan pengunjung datang ke Selabintana," ujar Pengelola Kawasan Wisata Selabintana, Ade Hidayat.

Ade menyebut, pada libur Lebaran jumlah pengunjung mencapai ribuan orang. Padahal, pada kondisi normal hanya ratusan orang saja setiap pekannya. Ade mengatakan, kali ini pengelola telah menyiapkan sejumlah upaya untuk menyambut kedatangan pengunjung. Misalnya dengan menyediakan sarana kesehatan yang dikerjasamakan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger