Headlines News :
Home » » Pilkada Mimika - 11 Paslon Bertarung

Pilkada Mimika - 11 Paslon Bertarung

Pilkada Mimika 2013 - Sebanyak 11 pasangan calon sepakat Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub Papua digunakan dalam pelaksanaan Pilkada Mimika pada 8 Oktober 2013 mendatang. Salah satu kandidat Bupati Mimika, Yosep Yopi Kilangin mengatakan keputusan untuk menggunakan DPT Pilgub Papua sebagai dasar acuan saat Pilkada Mimika mendatang semata-mata agar proses demokrasi itu bisa berlangsung lancar, damai dan aman.

Dengan diterimanya DPT Pilgub Papua sebagai dasar acuan pelaksanaan Pilkada Mimika maka Keputusan KPU Mimika Nomor 32 tanggal 16 September 2013 tentang penetapan DPT Pilkada Mimika sebanyak 223.409 orang dinyatakan batal.

Pernyataan pembatalan keputusan KPU Mimika itu ditandatangani oleh 11 pasangan Cabup-Cawabup Mimika, Ketua KPU Mimika Karolus Tsunme, Panitia Pengawas Pilkada dan Pimpinan DPRD Mimika Karel Gwijangge saat berlangsung rapat paripurna istimewah di Kantor DPRD Mimika, Kamis (19/9) malam. Ada pun DPT Pilgub Papua di Mimika pada 29 Januari 2013 sebanyak 175.987 orang.

#Untuk Hasil Quick Count Pilkada Mimika 2013 - lihat disini : Hasil Quick Count Pilkada Mimika 2013

Fantastis Yopi Kilangin mengatakan jumlah pemilih sebanyak 223.409 yang ditetapkan KPU Mimika mengacu pada DP4 yang diterbitkan pemerintah dan selanjutnya dilakukan pemutakhiran kembali oleh petugas di setiap distrik (kecamatan), kampung hingga RT/RW memang terkesan sangat fantastis.

Yopi Kilangin yang berpasangan dengan H Andi Tajerimin Nur dalam Pilkada Mimika mendatang mengakui amburadulnya data pemilih di Mimika bukan baru pertama kali terjadi, namun hal itu selalu terus terjadi dalam setiap penyelenggaran Pemilu baik pemilu legislatif, pilpres, pilgub hingga pilkada. Mantan Ketua DPRD Mimika periode 2004-2009 itu meminta Pemkab Mimika menjadikan kasus ini sebagai catatan penting untuk melihat kembali sistem pendataan penduduk.

Ia juga mengakui dengan mengacu pada DPT Pilgub Papua tidak berarti Pilkada Mimika 8 Oktober nanti dapat mengakomodasi semua kepentingan warga yang benar-benar memiliki hak pilih. Dalam rapat paripurna marathon DPRD Mimika sejak Kamis (19/9) pagi hingga malam, 11 pasangan cabup-cawabup Mimika juga menyatakan sikap yang sama untuk tidak menunda pelaksanaan Pilkada Mimika dari 8 Oktober 2013.

Acara rapat paripurna istimewah DPRD Mimika dengan agenda penyampaian visi-misi 11 pasangan cabup-cawabup Mimika yang digelar Kamis (19/9) akhirnya berubah menjadi acara pembahasan DPT lantaran delapan dari 11 kandidat menyatakan menolak DPT Pilkada Mimika yang ditetapkan KPU setempat.

Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger