Headlines News :
Home » » Data 5 Korban Tewas di Pabrik PT Mandom

Data 5 Korban Tewas di Pabrik PT Mandom

Daftar Nama 5 Korban Kebakaran Di PT Mandom Sulit DiidentifikasiKabid Dokkes Polda Metro Jaya Kombes Pol Musyafak menyebutkan ada 57 korban luka akibat kebakaran di PT Mandom, Cibitung Industrial, Bekasi. Para korban masih mendapatkan penanganan medis. "Total keseluruhan 62 orang, korban meninggal 5 orang di RS Polri Kramat Jati. Sementara sisanya 57 orang mendapat perawatan intensif," ujar Kombes Musyafak di RS Hermina Grand Wisata, Bekasi, Jumat (10/7/2015).

Musyafak menjelaskan, pihaknya akan membuka posko pengumpulan data bagi keluarga korban meninggal dunia. Sebab 5 korban tewas yang dibawa ke RS Polri belum bisa teridentifikasi. "Untuk jenazah yang di RS Polri akan kita lakukan pemeriksaan DNA dan morfologi oleh karena itu kita akan membuka posko di Polres Kabupaten untuk sampel antem dan postmortem," paparnya.

Proses identifikasi menurut Musyafak akan memakan waktu 3 hari setelah data antemortem diserahkan oleh keluarga korban. Karena itu pihaknya meminta bantuan kerja sama dari keluarga korban yang merasa kehilangan anggota keluarga. "Lama pemeriksaan selama ada sampel paling cepat 3 hari. Didata sesuai format smart data interpol, kemudian dilakn pengambilan sampel DNA dri keluarga. Pemeriksaan dna ada korban dan masyarakat caranya di matching," ujarnya. (detik)

Tim Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Daerah Metro Jaya kesulitan mengidentifikasi lima jenazah korban kebakaran PT Mandom Indonesia. "Semua jenazah gosong dan nyaris tidak dikenali sama sekali fisiknya," kata Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Metro Jaya Kombes Pol Musyafak di Bekasi, Jumat. Menurut dia, upaya pihaknya untuk mengenali jasad korban adalah dengan sejumlah metode pengungkapan identitas. Kelima korban itu saat ini telah dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk proses identifikasi.

"Ada dua metode yang kita gunakan untuk mengungkap jasad korban, yaitu data antemortem dan postmortem," katanya. Menurut dia, data antemortem diperoleh melalui data-data fisik khas korban sebelum meninggal, seperti pakaian atau aksesoris yang terakhir kali dikenakan, barang bawaan, tanda lahir, tato, bekas luka, cacat tubuh, foto diri, berat dan tinggi badan, serta sampel DNA. "Data ini akan kami himpun dari keluarga yang merasa kehilangan korban," katanya.

Pihaknya mengaku telah membuka posko antemortem di Mapolresta Bekasi kawasan industri Jababeka, Cikarang untuk menerima laporan dari keluarga korban. "Bagi keluarga yang merasa kehilangan, bisa melapor ke posko antemortem Mapolresta Bekasi untuk kita himpun keterangannya," katanya. Menurutnya, semua data ini akan dibandingkan dengan data postmortem untuk mengetahui data akurat terkait identitas korban.

Data postmortem adalah data-data fisik yang diperoleh melalui personal identification setelah korban meninggal, seperti sidik jari, golongan darah, konstruksi gigi dan foto diri korban pada saat ditemukan lengkap dengan barang-barang yang melekat di tubuhnya dan sekitarnya. Data postmortem diselidiki pihaknya di Rumah Sakit Polri Keramat Jati, Jakarta. "Dari pencocokan data itu, kita baru bisa mengenali korban sebelum kita pulangkan ke keluarganya untuk dimakamkan," ujarnya.

Menurutnya, proses pencocokan DNA membutuhkan waktu paling lambat tiga hari sejak proses penyelidikan berlangsung.Sebelumnya diberitakan, kebakaran PT Mandom Indonesia di kawasan Industri MM2100 Cibitung menimbulkan 51 korban, lima di antaranya tewas. (kabar24.bisnis)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger