Headlines News :
Home » » Strawberry Moon - Bulan Purnama Strawberry

Strawberry Moon - Bulan Purnama Strawberry

Apa itu Bulan Strawberry Moon Malam iniBulan purnama pada malam ini tampaknya akan sangat unik dibandingkan dengan siklus bulan purnama lainnya. Satelit alami Bumi itu akan tampak lebih jauh serta sedikit lonjong. Bulan ini disebut Bulan Strawberry, rata-rata jarak Bulan dengan Bumi adalah 240 ribu mil. Jarak keduanya yang paling dekat (perigree) sebenarnya 220 ribu mil sementara jarak terjauhnya (apogee) adalah 250 mil.

Malam ini membawa kita bulan purnama juni dan karena stroberi adalah buah pertama setelah kelembak matang pada akhir musim semi dan awal musim panas - dan musim puncak (beberapa mungkin menyebutnya musim "lebih alami") untuk memetik stroberi pada bulan Juni - moniker tradisional untuk bulan Juni adalah Strawberry Moon. Ada nama lain yang bisa kita berikan pada bulan purnama malam ini: "minimoon." Itu karena bulan purnama bulan ini akan menjadi yang terkecil di tahun 2017.

Kita semua tentu saja mengenal branding supermoon, saat bulan purnama bertepatan (atau sangat hampir) dengan perigee - titik di orbit bulan saat paling dekat dengan Bumi. Pada kesempatan seperti itu, bulan tampak agak lebih besar dari biasanya karena kedekatannya dengan Bumi. Nah, bulan malam ini (9 Juni) adalah kebalikan dari keadaan itu; Bulan purnama yang hampir bertepatan dengan apogee, titik terjauh bulan dari Bumi. Dalam arti yang sangat ketat, saat Anda melihat bulan pada hari Jumat, itu tidak akan sampai pada titik terjauh dari Bumi.

Saat itu benar-benar terjadi pada hari Kamis (8/8) pukul 18.30 EDT (2230 GMT), saat bulan 252.526 mil (406.401 kilometer) dari Bumi. Saat bulan purnama datang 14 jam 40 menit kemudian, pukul 9.10 pagi EDT (1310 GMT) pada hari Jumat pagi. Untuk apa itu layak, bulan akan bergerak 81 mil (131 km) lebih dekat ke Bumi, dibandingkan dengan saat sebenarnya apogee malam sebelumnya. Dan ketika bulan "resmi" berubah menjadi penuh, itu bahkan tidak akan terlihat pada saat itu di Amerika Serikat yang bersebelahan, karena akan selesai beberapa jam sebelumnya. Memang, ketika Anda melihat ke bulan malam ini tidak akan "penuh," tapi 99,5 persen penuh - bulan gibbis yang memudarnya.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger