Headlines News :
Home » » Pekan Gawai Dayak - Aksi Bela Ulama Pontianak

Pekan Gawai Dayak - Aksi Bela Ulama Pontianak

Kronologi Penyebab Bentrok Kerusuhan Pekan Dayak dan Aksi Bela Ulama di PontianakPekan Gawai Dayak (PGD) ke-32 di Pontianak yang bersamaan dengan Aksi Damai Bela Ulama pada 20 Mei 2017 berlangsung aman. Mabes Polri menurunkan brigadir mobil (Brimob) untuk ikut mengamankan Kalimantan Barat pada dua kegiatan besar yakni Pekan Gawai Dayak (PGD) ke-32 dan Aksi Damai Bela Ulama digelar di Pontianak. Kepolisian Daerah Kalimantan Barat mendatangkan sebanyak 400 personel anggota Brimob dari Mabes Kelapa Dua, menjaga Kamtibmas di Kalbar dengan melibatkan semua komponen.

Ribuan umat Islam, dari aksi bela ulama sudah tampak ramai di masjid Raya Mujadin di Jalan Ayani 1 Pontianak Selatan, Kalimantan Barat, Sabtu (20/5) pukul 11.17 Wib. Ribuan umat Islam dari berbagai daerah menggunakan ikat kepala berwarna kuning, datang menggunakan motor dan mobil. Aksi demo damai terbut dikawal ketat oleh aparat kepolisian dan TNI- AD, dilokasi aksi demo damai juga tampak mobil ambulance. Peserta aksi Bela Ulama masih bersiap-siap untuk sama-sama berjalan kaki dari Masjid Raya Mujahidin ke Mapolda Kalbar.

Para peserta berbaju putih-putih itu mulai berdatangan ke masjid sejak pukul 09.00 WIB. Mereka berencana menyampaikan aspirasi perihal pengadangan yang menimpa dua anggota FPI di Bandara Supadio, Kalbar, beberapa waktu lalu. Jarak yang ditempuh para peserta aksi sekitar dua kilometer. Aksi Bela Ulama 205 tetap dilangsungkan karena Aksi 205 adalah aksi damai dalam menyuarakan aspirasi untuk membela ulama.

Kronologi Penyebab Bentrok Kerusuhan Pekan Dayak dan Aksi Bela Ulama di PontianakSementara itu, Perhelatan akbar Pekan Gawai Dayak (PGD) ke-32 kembali di gelar. Tahun ini agenda tahunan tersebut akan digelar mulai tanggal 20 Mei 2017 hingga 27 Mei 2017 yang dipusatkan di Rumah Radakng, Jalan Sutan Syahrir, Pontianak, Kalimantan Barat. Gawai pada tahun ini akan lebih istimewa dari tahun sebelumnya, salah satunya adalah kedatangan tamu istimewa dari Suku Indian (Amerika), Suku Maori dari New Zealand, dan masyarakat Dayak dari Malaysia.

Tahun ini panitia mengusung tema "Dengan Semangat Pekan Gawai Dayak, Kita Tingkatkan Toleransi Dalam Keberagaman" dan sub tema "Melalui Seni dan Budaya Dayak Dapat Menjadi Perekat Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Khususnya di Kalimantan dan di Kalbar". Berbagai kegiatan juga sudah disiapkan panitia, di antaranya lomba permainan rakyat yang terdiri lomba menyumpit, pangkak gasing, menangkap babi, egrang, lomba seni rupa, melukis perisai, melukis kanvas, memahat/mematung, tato dan mengayam manik.

Selain itu ada juga seni pertunjukan yang terdiri dari tari Dayak kreasi, lomba lagu Dayak, sastra lisan, musik Sape', genggong, lomba peragaan busana, lomba busana anak kreasi, lomba menumbuk dan menampi padi, lomba kuliner khas Dayak dan tak ketinggalan pemilihan Bujang Dara Gawai. Berbagai atraksi dan perlombaan yang akan memeriahkan PGD ke-32 ini terbuka untuk umum, kecuali pemilihan Bujang dan dara Gawai yang sedikit eksklusif dikhususkan bagi peserta yang masih ada keturunan Dayak saja.

Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger