Headlines News :
Home » , » 22 Juni 2013 - HUT Kota Jakarta BBM Naik

22 Juni 2013 - HUT Kota Jakarta BBM Naik

22 Juni 2013 - HUT Kota Jakarta BBM NaikPenetapan hari jadi Jakarta adalah istilah yang merujuk kepada penetapan yang dikeluarkan oleh Sudiro, Walikota Jakarta periode 1953-1958. Pada masa kolonial, Belanda memperingati hari jadi Kota Batavia tiap akhir Mei dengan dasar bahwa pada akhir Mei 1619, Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen menaklukkan Jayakarta. Pada tahun 1869, untuk memperingati 250 tahun usia Batavia, dibangun pula monument J. P. Coen – saat ini halaman Departemen Keuangan, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Di atas fondasi beton yang kokoh, berdiri Coen yang dengan angkuhnya menunjuk kearah bawah – menggambarkan dia berhasil menaklukkan Jayakarta. Patung yang menjadi simbol dimulainya penjajahan Belanda itu dihancurkan pada masa pendudukan Jepang (1941-1945).

Sudiro, menyadari perlunya peringatan ulang tahun untuk kota ini yang berbeda dengan peringatan berdirinya Batavia. Maka, ia pun memanggil sejumlah ahli sejarah, seperti Mr. Mohamad Yamin dan Mr. Dr. Sukanto serta wartawan senior Sudarjo Tjokrosiswoyo untuk meneliti kapan Jakarta didirikan oleh Fatahillah. Kala itu, Sudiro berkeyakinan bahwa tahunnya adalah pasti, yaitu 1527. yang menjadi pertanyaan adalah hari, tanggal, dan bulan lahirnya Kota Jakarta. Mr. Dr. Sukanto menyerahkan naskah berjudul Dari Jayakarta ke Jakarta. Dia menduga bahwa 22 Juni 1527 adalah hari yang paling dekat pada kenyataan dibangunnya Kota Jayakarta oleh Fatahillah.

Naskah tersebut kemudian diserahkan oleh Sudiro kepada Dewan Perwakilan Kota Sementara untuk dibahas, yang kemudian langsung bersidang dan menetapkan bahwa 22 Juni 1527 sebagai berdirinya Kota Jakarta. Tepat pada 22 Juni 1956, Sudiro mengajukannya dengan resmi pada sidang pleno dan usulnya itu diterima dengan suara bulat. Selanjutnya, sejak saat itu, tiap 22 Juni diadakan sidang istimewa DPRD Kota Jakarta sebagai tradisi memperingati berdirinya Kota Jakarta. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa dipilihnya 22 Juni 1527 karena saat itu merupakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Setelah berhasil mengusir Portugis dari Sunda Kalapa, Fatahillah sebagai panglima Kesultanan Demak mengubah Sunda Kelapa menjadi Jayakarta.

Menurut sejarawan Adolf Heyken SJ, hari jadi Jakarta hanyalah sebuah dongeng. Karena, katanya, tak ada dokumen yang menyebutkan nama Jayakarta. Bahkan 50 tahun sesudahnya (saat VOC berkuasa), tetap disebut Sunda Kelapa. Fatahillah adalah orang Arab. Jelaslah tidak mungkin apabila orang Arab memberi nama sesuatu dengan bahasa Sanskerta. Jayakarta adalah nama dari bahasa Sanskerta. Jadi, itu semua dongeng supaya Jakarta memiliki hari ulang tahun.

Mulai 22 Juni 2013, harga Premium Rp 6.500 Solar Rp 5.500

Setelah sekian lama menjadi wacana, pemerintah akhirnya secara resmi mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Pemerintah menetapkan, harga BBM bersubsidi jenis premium naik Rp 2.000 per liter dan harga jual Solar naik Rp 1.000 per liter. Dengan kenaikan tersebut, maka terhitung mulai Sabtu (22/6), harga jual premium yang semula Rp 4.500 per liter kini menjadi Rp 6.500 per liter. Sedangkan harga Solar yang semula Rp 4.500 per liter menjadi Rp 5.500 per liter. Kepastian harga baru tersebut disampaikan secara langsung oleh Menteri ESDM Jero Wacik di Kantor Kementerian bidang Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/6). Wajah Jero terlihat tegang saat membuka konferensi pers terkait kenaikan harga BBM.

Pengumuman nomor 07 PM/12/MEM/2013 tentang penyesuaian harga jual eceran BBM bersubsidi. Sesuai ketentuan Pasal 4, 5 dan 6 peraturan presiden No. 15 tahun 2012 tentang harga jual eceran dan konsumen pengguna jenis BBM tertentu dan peraturan Menteri ESDM no 18 tahun 2013 tentang harga jual eceran jenis BBM tertentu untuk konsumen pengguna tertentu, penyesuaian harga BBM bersubsidi telah ditetapkan. "Bensin Premium (gasoline ron 88) Rp 6.500 per liter. Minyak SolarRp 5.500 per liter," ujar Jero Wacik di kantor Kemenko Perekonomian, Lapangan Banteng, Jumat (21/6). "Berlaku serentak di seluruh Indonesia sejak tanggal 22 Juni 2013 pukul 00.00 WIB," tegasnya.

Menko Perekonomian Hatta menambahkan, UU No. 15 tahun 2913 tentang APBN-P 2013 sangat penting untuk menjaga kesinambungan perekonomian nasional. Dia menjelaskan, krisis global telah berdampak negatif pada kondisi ekonomi nasional. Meningkatnya harga minyak dunia dan membengkaknya konsumsi BBM, telah mengakibatkan subsidi BBM mendekati Rp 300 triliun. dan defisit anggaran melampaui 3 persen. Subsidi BBM, kata dia, kurang adil karena 70 persen dinikmati yang tidak berhak. Maka diperlukan langkah-langkah penyelamatan. Sejalan dengan APBN-P 2013, maka pemerintah akan mengambil langkah penyesuaian harga BBM. "Pemerintah menyadari kebijakan tersebut mengakibatkan inflasi yang berdampak pada daya beli masyarakat rendah. Ini adalah pilihan sulit dan merupakan pilihan alternatif terakhir pemerintah,"ujar Hatta.

Pertandingan Persija Vs Persib, Sabtu 22 Juni 2013

Lanjutan kompetisi ISL akhir pekan ini akan menyajikan laga bigmatch el clasico antara tuan rumah Persija Jakarta menjamu musuh bebuyutan Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (22/6/2013) pukul 15.30 WIB Live ANTV. Melihat statistik pertemuan terakhir Persija kontra Persib, kedua tim cukup berimbang dengan sama-sama mengemas dua kemenangan, sekali seri dan dua kekalahan. Namun, laga akbar ini dipastikan tanpa penonton karena pihak kepolisian Polda Metro Jaya tidak memberikan ijin terkait masalah keamanan.

Meski bertindak sebagai tim tamu, pelatih Maung Bandung Djajang Nurdjaman pun menargetkan poin sempurna demi bersaing di posisi tiga besar klasemen sementara ISL. Djajang pun kemungkinan takkan merubah terlalu banyak the winning team seperti saat menghajar Sriwijaya FC 4-0 pada laga terakhir. Sergio van Dijk siap berduet dengan Hilton Moreira di lini depan. Firman Utina yang tampil impresif pada laga tersebut juga layak mendapat tempat utama.

Sementara itu, tuan rumah pun sedang dalam performa yang tak terlalu buruk. Ismed Sofyan dkk baru saja mengantongi 4 poin pada dua laga away ke Jawa Timur. Striker muda asal Hongkong, Lam Hok Hei kemungkinan siap dipasang di lini depan bersama dengan legiun asing lainnya Emmanuel Kenmogne. Serangan dari sayap yang didukung dengan kecepatan M. Ilham dan Anindito Wahyu pun layak diwaspadai Maung Bandung. Persija diprediksi akan memenangkan laga ini. -Berbagai Sumber-
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger