Hasil Pilkada Bangka dan Pangkalpinang

Kepulauan Bangka BelitungProvinsi Kepulauan Bangka Belitung (disingkat Babel) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Ibu kota provinsi ini ialah Pangkalpinang.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan pemekaran wilayah dari Provinsi Sumatera Selatan. Pemerintahan provinsi ini disahkan pada tanggal 9 Februari 2001. Setelah dilantiknya Pj. Gubernur yakni H. Amur Muchasim, SH (mantan Sekjen Depdagri) yang menandai dimulainya aktivitas roda pemerintahan provinsi. Selat Gaspar memisahkan Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelumnya adalah bagian dari Sumatera Selatan, namun menjadi provinsi sendiri pada tahun 2000.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2000 Tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tanggal 21 November 2000 yang terdiri dari Kabupaten Bangka, Kabupaten Belitung dan Kota Pangkalpinang. Pada tahun 2003 berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2003 tanggal 23 Januari 2003 dilakukan pemekaran wilayah dengan penambahan 4 kabupaten yaitu Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur. Pilkada Kabupaten Bamgka dan Kota Pangkal Pinang diselenggarakan 26 Juni 2013.


Pilkada Kabupaten Bangka - Kabupaten Bangka adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kabupaten Bangka dengan ibukota Sungailiat, merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak. Saat lepas dari Sumsel, luas Kabupaten Bangka meliputi 91% luas pulau Bangka (11.000 km2), namun pada tahun 2003 Kabupaten Bangka dimekarkan menjadi 4 Kabupaten. Oleh karena itu Kabupaten Bangka juga dikenal sebagai Kabupaten Bangka Induk.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka telah menetapkan 4 (Empat) pasangan calon Bupati dan wakil yang maju pada pilkada Kabupaten Bangka tahun 2013. Mereka bertarung memperebutkan kursi Calon Bupati dan Wakil Bupati Periode tahun 2013- 2018. Pasangan nomor urut 1 (satu) pasangan H.Yusroni Yazid,SE MM dengan Rozali Romkad,SH, pasangan nomor urut 2 (Dua) Hj. Noorhari Astuti,S.sos dengan Rendra Basri B.Sc, pasangan nomor urut 3 (Tiga) Ir.H.Tarmizi H.Saat MM dengan Drs.Rustamsyah, sedangkan pasangan nomor urut 4 (Empat) H.Abdul Gani Aup dengan Vendy Andireja.

Hasil Quick Count Pilkada - #Untuk Hasil Quick Count Pilkada Kabupaten Bangka - Lihat Klik Disini : Hasil Quick Count Pilkada Kabupaten Bangka


Pilkada Kota Pangkal Pinang - Kota Pangkal Pinang adalah salah satu Daerah Pemerintahan Kota di Indonesia yang merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sekaligus merupakan ibu kota Provinsi. Kota Pangkalpinang terbagi dalam 7 kecamatan yaitu Taman Sari, Rangkui, Pangkalbalam, Gabek, Bukit Intan, Girimaya dan Gerunggang. Memiliki wilayah seluas 118,408 km2 dan jumlah penduduk berdasarkan Sensus Penduduk 2010 sebanyak 328,167 jiwa dengan kepadatan 1.955 jiwa/km2. Saat ini dipimpin oleh Walikota Drs. H. Marzuki, MM yang telah menjabat untuk periode kedua (2008-2013) sebelumnya telah menjabat untuk periode pertama 2003-2008.

Kota yang berjulukan BERARTI (BERsih, Aman, Rapi, Tertib, Indah) ini berpusat di Jalan Merdeka sebagai titik nol kilometer kota. Populasi Kota Pangkalpinang kebanyakan dibentuk oleh etnis Melayu dan Tionghoa suku Hakka yang datang dari Guangzhou. Kota Pangkalpinang merupakan pusat pemerintahan kota di Kelurahan Bukit Intan dan pusat pemerintahan provinsi. Pangkalpinang juga merupakan pusat aktivitas bisnis/perdagangan dan industri di Bangka Belitung. Kota Pangkalpinang menganggarkan Rp3,4 miliar penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) putaran kedua di daerah itu.

Pilkada Kota Pangkal Pinang diikuti tujuh pasangan calon. Komisi Pemilihan Umum Kota Pangkalpinang menetapkan 7 (tujuh) Pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota periode 2013-2018. Ketujuh pasangan calon tersebut resmi diumumkan oleh KPU Kota Pangkalpinang adalah Pasangan Nomor urut 1, Naziarto dan Nursaadah. Nomor urut 2, Thomas Japri dan Yulianto. Nomor urut 3, Ridwan Thalib dan Sarpin. Nomor urut 4, Saparudin dan Maulana Akil. Nomor urut 5, Muhammad Irwansyah dan Muhammad Sopian. Nomor urut 6, Bahar Buasan-Herman Faijuddin. Nomor urut 7, Maliku Amjad dan Eka Mulya Putra.

#Untuk Hasil Quick Count Pilkada Kota Pangkal Pinang - Lihat Klik Disini : Hasil Quick Count Pilkada Kota Pangkal Pinang


Pembagian administratif - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terbagi atas tujuh daerah tingkat dua, yaitu:

1. Kabupaten Bangka (ibukota: Sungailiat): Sejak masih bergabung dengan Sumatera Selatan maupun setelah lepas, Kabupaten Bangka merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak. Saat lepas dari Sumsel, luas Kabupaten Bangka meliputi 91% luas pulau Bangka (11.000 km2), namun pada tahun 2003 Kabupaten Bangka dimekarkan menjadi 4 Kabupaten. oleh karena itu, Kabupaten Bangka juga dikenal sebagai Kabupaten Bangka Induk.
2. Kabupaten Belitung (Ibukota: Tanjungpandan: Pada awalnya meliputi seluruh pulau Belitung dan pulau kecil di sekitarnya, namun pada tahun 2003 dimekarkan menjadi 2 kabupaten.
3. Kabupaten Bangka Barat (ibukota: Mentok): Merupakan kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Bangka pada tahun 2003. Kabupaten Bangka Barat merupakan titik penyebrangan yang menghubungkan Bangka dengan Sumatera Selatan melalui pelabuhan Mentok yang merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia. kota Mentok sendiri merupakan pusat pengolahan timah Bangka serta tempat Bung Karno, Bung Hatta, Moh. Roem dan pemimpin nasional lain diasingkan selama masa revolusi mempertahankan kemerdekaan.
4. Kabupaten Bangka Tengah (ibukota: Koba): Merupakan kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Bangka pada tahun 2003. merupakan pusat perikanan Bangka Belitung. sepanjang jalan raya Pangkalpinang-Koba (60 km) terdapat pantai indah tepat di sisi jalan terutama di Desa Penyak dan Kurau.
5. Kabupaten Bangka Selatan (ibukota: Toboali): Merupakan kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Bangka pada tahun 2003. Daerahnya meliputi bagian selatan Pulau Bangka, termasuk pulau-pulau kecil seperti Pulau Lepar, Pulau Pongok dan pulau Nanas. Kabupaten Bangka Selatan merupakan pusat penghasil beras Kepulauan Bangka Belitung. Juga merupakan daerah tujuan transmigran dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
6. Kabupaten Belitung Timur (ibukota: Manggar): merupakan pemekaran Kabupaten Belitung tahun 2003. Tempat ini merupakan tempat "Laskar Pelangi" yang ditulis Andrea Hirata.
7. Kota Pangkal Pinang: merupakan ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ditetapkan sejak tahun 2002. kota terbesar dan teramai di provinsi ini. sebelumnya merupakan ibukota kabupaten Bangka, namun pada tahun 1971 ibukota kabupaten Bangka pindah ke Sungailiat dan kota Pangkalpinang menjadi kota sendiri. Kantor pusat PT. Timah Tbk. berada di wilayah ini.

Sumber - Hasil Quick Count Pilkada

Google Search : Hasil Pilkada Bangka dan Pangkalpinang
News Article About : Hasil Pilkada Bangka dan Pangkalpinang | Peristiwa Fenomena
Hasil Pilkada Bangka dan Pangkalpinang : 9 out of 10 based on 234 ratings - 72 user reviews.