Headlines News :
Home » » Logo Google - Arsitek Spanyol Antoni Gaudí

Logo Google - Arsitek Spanyol Antoni Gaudí

Antoni Gaudí - Tokoh Arsitek SpanyolAntoni Gaudi i Cornet (25 Juni 1852 - 10 Juni 1926) adalah seorang arsitek Spanyol lahir di Reus, di wilayah Catalonia dari Spanyol dan boneka dari Catalan Modernisme. Karya Gaudí mencerminkan gaya sangat individual dan khas dan sebagian besar terkonsentrasi di ibukota Catalan Barcelona, ​​terutama magnum opus, Sagrada Familia. Banyak pekerjaan Gaudí ditandai dengan gairah yang besar dalam hidup: arsitektur, alam, agama. Gaudi mempelajari setiap detail dari ciptaan-Nya, mengintegrasikan ke dalam arsitektur nya serangkaian kerajinan yang dia terampil: keramik, kaca patri, tempa. besi tempa dan pertukangan. Dia memperkenalkan teknik baru dalam pengolahan bahan, seperti Trencadis, terbuat dari potongan-potongan keramik limbah.

Setelah beberapa tahun di bawah pengaruh seni neo-Gothic dan teknik Oriental, Gaudí menjadi bagian dari gerakan Catalan Modernista yang mencapai puncaknya di akhir abad 19 dan awal abad ke-20. Karyanya melampaui Modernisme utama, yang berpuncak pada gaya organik terinspirasi oleh alam. Gaudí jarang menarik rencana rinci dari karya-karyanya, bukannya memilih untuk membuat mereka sebagai model skala tiga dimensi dan molding detail karena ia hamil mereka.

Karya Gaudí menikmati banding internasional yang luas dan banyak studi yang dikhususkan untuk memahami arsitektur nya. Hari ini, karyanya menemukan pengagum di kalangan arsitek dan masyarakat umum sama. Masterpiece-nya, masih belum selesai-Sagrada Familia, adalah salah satu yang paling dikunjungi monumen di Spanyol. Antara tahun 1984 dan 2005, tujuh karyanya dinyatakan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Iman Katolik Roma Gaudí intensif selama hidupnya dan gambar agama menembus karyanya. Hal ini membuatnya mendapatkan julukan "Arsitek Allah" dan menyebabkan panggilan untuk beatifikasinya.

Antoni Gaudi lahir pada tahun 1852 di Riudoms atau di Reus, ke boilermaker industri Francesc Gaudí i Serra (1813-1906) dan Antonia Cornet i Bertran (1819-1876). Dia adalah anak bungsu dari lima bersaudara, tiga di antaranya selamat sampai dewasa: Rosa (1844-1879), Francesc (1851-1876) dan Antoni. Keluarga Gaudí berasal di wilayah Auvergne di Perancis selatan. Salah satu nenek moyangnya, Joan Gaudí, jajanan, pindah ke Catalonia di abad ke-17. Asal usul nama keluarga Gaudí termasuk Gaudy atau Gaudin.

Kelahiran yang tepat Gaudí tidak diketahui karena tidak ada dokumen pendukung telah ditemukan, yang mengarah ke kontroversi tentang apakah ia lahir di Reus atau Riudoms, dua kota tetangga distrik Camp Baix. Sebagian besar dokumen identifikasi Gaudí dari kedua muridnya dan tahun profesional memberikan Reus sebagai tempat kelahirannya. Gaudí dalam berbagai kesempatan bahwa ia lahir di Riudoms, desa ayah keluarganya Gaudí dibaptis di gereja Sant Pere Apostol di Reus hari setelah kelahirannya dengan nama "Antoni Placid Guillem Gaudí i Cornet".

Gaudí memiliki apresiasi yang mendalam bagi tanah kelahirannya dan bangga dalam warisan Mediterania nya. Dia percaya orang Mediterania akan diberkahi dengan kreativitas, orisinalitas dan rasa bawaan untuk seni dan desain. Gaudí dilaporkan dijelaskan perbedaan ini dengan menyatakan, "Kami sudah memiliki gambar. Fantasi berasal dari hantu. Fantasi adalah apa yang orang di Utara sendiri. Kami beton. Gambar berasal dari Mediterania. Orestes tahu jalan, di mana Hamlet terpecah oleh keraguannya". Waktu yang dihabiskan di luar ruangan, terutama selama musim panas tetap di Gaudí Mas rumah keluarga de la Calderera, diberikan Gaudí kesempatan untuk belajar alam. Kenikmatan Gaudí dari alam membawanya untuk bergabung dengan Pusat Excursionista de Catalunya pada tahun 1879 pada usia 27. Organisasi diatur ekspedisi untuk mengeksplorasi Catalonia dan Perancis selatan, sering menunggang kuda atau berjalan sepuluh kilometer sehari.

Gaudí muda menderita kesehatan yang buruk, termasuk rematik, yang mungkin telah berkontribusi terhadap karakter pendiam dan pendiamnya. Ini masalah kesehatan dan kebersihan teori Dr Kneipp memberikan kontribusi terhadap keputusan Gaudí untuk mengadopsi vegetarian awal dalam hidupnya. Keyakinan agama-Nya dan vegetarian yang ketat menyebabkan dia untuk melakukan beberapa puasa panjang dan berat. Ini puasa sering tidak sehat dan kadang-kadang, seperti pada tahun 1894, menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa.

Gaudí menghadiri sekolah pembibitan dijalankan oleh Francesc Berenguer, yang putranya, juga disebut Francesc, kemudian menjadi salah satu asisten utama Gaudí. Dia terdaftar di sekolah Piarists di Reus di mana ia ditampilkan bakat seninya melalui gambar untuk seminar disebut El Arlequin (Harlequin). Selama waktu ini ia bekerja sebagai magang di "Vapor Nou" pabrik tekstil di Reus. Pada tahun 1868 ia pindah ke Barcelona untuk belajar mengajar di Convent del Carme. Pada tahun-tahun remajanya Gaudí menjadi tertarik pada sosialisme utopis dan, bersama dengan teman-temannya Eduard Toda i Güell dan Josep Ribera i Sans, merencanakan pemulihan biara Poblet yang akan mengubahnya menjadi phalanstère utopis.

Antara 1875 dan 1878, Gaudí menyelesaikan wajib militer di resimen infanteri di Barcelona sebagai Penguasa Militer. Sebagian besar layanan dihabiskan cuti sakit, yang memungkinkan dia untuk melanjutkan studinya. Kesehatannya yang buruk mencegahnya harus berjuang dalam Perang Carlist Ketiga, yang berlangsung 1872-1876. Pada tahun 1876 ibu Gaudí meninggal pada usia 57, seperti yang dilakukan saudara 25 tahun lamanya Francesc, yang baru saja lulus sebagai dokter. Selama ini Gaudí belajar arsitektur di Sekolah Llotja dan Barcelona Sekolah Tinggi Arsitektur, lulus pada tahun 1878. Untuk membiayai studinya, Gaudí bekerja sebagai juru gambar untuk berbagai arsitek dan konstruktor seperti Leandre Serrallach, Joan Martorell, Emili Sala Cortés, Francisco de Paula del Villar y Lozano dan Josep Fontserè.

Selain kelas arsitektur, ia belajar. Prancis, sejarah, ekonomi, filsafat dan estetika. Nilai-nilainya rata-rata dan ia kadang-kadang gagal kursus. Ketika menyerahkan gelar, Elies Rogent, direktur Sekolah Arsitektur Barcelona, ​​mengatakan:. ".. Kami telah diberi gelar akademik ini baik untuk orang bodoh atau jenius Waktu akan menunjukkan". Gaudi, saat menerima gelar, dilaporkan mengatakan kepada temannya, pematung Llorenc Matamala, dengan rasa humor yang ironis, "Llorenc, mereka mengatakan bahwa saya seorang arsitek sekarang."

Proyek pertama Gaudí adalah tiang lampu yang dirancang untuk Plaça Reial di Barcelona, ​​kios-kios koran Girossi yang belum selesai, dan Cooperativa Obrera Mataronense (Koperasi Pekerja Mataró) bangunan. Dia mendapat pengakuan yang lebih luas untuk komisi pertama yang penting nya, Casa Vicens, dan kemudian menerima proposal lebih signifikan. Di Paris Pameran Dunia 1878 Gaudí ditampilkan showcase ia telah diproduksi untuk produsen Comella sarung tangan. Fungsional dan estetika desain modernista terkesan Catalan industrialis Eusebi Güell, yang kemudian menugaskan beberapa pekerjaan yang paling menonjol Gaudí: gudang anggur Güell, paviliun Güell, Palau Güell (Güell istana), Park Güell (Güell taman) dan ruang bawah tanah gereja dari Colonia Güell. Gaudí juga menjadi teman dari Marquis of Comillas, ayah mertua Count Güell, untuk siapa ia dirancang "El Capricho" di Comillas.

Pada 1883 Gaudí ditugaskan dari proyek baru-berinisiatif untuk membangun sebuah katedral Barcelona disebut Basilika i Temple Expiatori de la Sagrada Familia (Basilika dan Expiatory Gereja Keluarga Kudus, atau Sagrada Familia). Gaudí benar-benar mengubah desain awal dan dijiwai dengan gaya sendiri yang khas. Dari 1915 sampai kematiannya ia mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk proyek ini. Mengingat jumlah komisi ia mulai menerima, ia harus bergantung pada timnya untuk bekerja pada beberapa proyek secara bersamaan. Timnya terdiri dari profesional dari semua bidang konstruksi. Beberapa arsitek yang bekerja di bawahnya menjadi menonjol di lapangan nanti, seperti Josep Maria Jujol, Joan Rubio, Cesar Martinell, Francesc Folguera dan Josep Francesc Rafols. Pada tahun 1885, pindah ke pedesaan Gaudí Sant Feliu de Codines untuk menghindari wabah kolera yang melanda Barcelona. Dia tinggal di rumah Francesc Ullar itu, untuk siapa ia merancang meja makan sebagai tanda terima kasihnya.

1888 World Fair adalah salah satu peristiwa besar era di Barcelona dan merupakan titik kunci dalam sejarah gerakan Modernisme. Memimpin arsitek menampilkan karya terbaik mereka, termasuk Gaudí, yang memamerkan bangunan yang telah dirancang untuk Compañía Trasatlántica (Transatlantic Perusahaan). Akibatnya, dia menerima komisi untuk merestrukturisasi Salo de Cent Dewan Kota Barcelona, ​​namun proyek ini akhirnya tidak dilakukan. Pada awal 1890-an Gaudí menerima dua komisi dari luar Catalonia, yaitu Uskup Istana Astorga dan Casa Botines di León. Karya-karya ini memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan terkenal Gaudi di seluruh Spanyol. Pada tahun 1891, ia melakukan perjalanan ke Málaga dan Tangier untuk memeriksa situs untuk sebuah proyek untuk Misi Katolik Fransiskan bahwa Marquis-2 Comillas telah meminta dia untuk desain.

Arsitektur atap di Casa Batllo. - Pada tahun 1899 Gaudí bergabung dengan Cercle Artistik de Sant Lluc (Saint Luke lingkaran artistik), sebuah masyarakat seni Katolik yang didirikan pada tahun 1893 oleh uskup Josep Torras i Bages dan saudara Josep dan Joan Llimona. Dia juga bergabung dengan Lliga Espiritual de la Mare de Deu de Montserrat (liga spiritual wanita kami Montserrat), yang lain Katolik Catalan organisasi. Karakter konservatif dan religius pemikiran politiknya terkait erat dengan pembelaannya terhadap identitas budaya orang-orang Catalan.

Pada awal abad ini, Gaudí bekerja di berbagai proyek secara bersamaan. Mereka mencerminkan pergeseran untuk gaya lebih pribadi terinspirasi oleh alam. Pada tahun 1900, ia menerima penghargaan untuk bangunan terbaik tahun ini dari Dewan Kota Barcelona untuk Casa Calvet nya. Selama dekade pertama abad Gaudí mendedikasikan dirinya untuk proyek-proyek seperti Casa Figueras (Figueras rumah, lebih dikenal sebagai Bellesguard), Park Güell, sebuah proyek urbanisasi berhasil, dan pemulihan Katedral Palma de Mallorca, yang ia mengunjungi Majorca beberapa kali. Antara 1904 dan 1910 ia dibangun Casa Batllo (Batllo rumah) dan Casa Mila (Milá rumah), dua karya paling lambangnya.

Sebagai hasil dari karya Gaudi meningkatkan ketenaran, pada tahun 1902 pelukis Joan Llimona memilih fitur Gaudí untuk mewakili Saint Philip Neri di lukisan untuk lorong dari Sant Felip Neri gereja di Barcelona. Bersama dengan Joan Santaló, anak temannya yang dokter Pere Santaló, ia berhasil mendirikan sebuah perusahaan manufaktur besi tempa tahun yang sama.

Setelah pindah ke Barcelona, ​​Gaudi sering berubah pidatonya, sebagai mahasiswa ia tinggal di tempat tinggal, umumnya di daerah Gothic Quarter, ketika ia memulai karirnya dia pindah sekitar beberapa flat sewaan di wilayah Eixample. Akhirnya, pada tahun 1906, ia menetap di sebuah rumah di Taman Güell bahwa ia dimiliki dan yang telah dibangun oleh asistennya Francesc Berenguer sebagai properti showcase untuk perkebunan. Sejak itu telah berubah menjadi Museum Gaudí. Di sana ia tinggal bersama ayahnya (yang meninggal pada tahun 1906 pada usia 93) dan keponakannya Rosa Egea Gaudí (yang meninggal pada tahun 1912 pada usia 36). Dia tinggal di rumah sampai tahun 1925, beberapa bulan sebelum kematiannya, ketika ia mulai berada di dalam pabrik dari Sagrada Familia.

Suatu peristiwa yang memiliki dampak yang mendalam pada kepribadian Gaudí adalah Minggu tragis pada tahun 1909. Gaudí tetap di rumahnya di Taman Güell selama periode ini bergolak. The antiklerus atmosfer dan serangan terhadap gereja-gereja dan biara-biara menyebabkan Gaudí khawatir untuk keselamatan Sagrada Familia, tetapi bangunan terhindar dari kerusakan.

Pada tahun 1910, sebuah pameran di Grand Palais Paris dikhususkan untuk karyanya, selama salon tahunan Société des Beaux-Arts (Fine Arts Society) dari Perancis. Gaudí berpartisipasi atas undangan hitung Güell, menampilkan serangkaian gambar, rencana dan skala model plester beberapa dari karya-karyanya. Meskipun ia berpartisipasi hors Concours, ia menerima ulasan yang baik dari pers Perancis. Sebagian besar dari pameran ini bisa dilihat pada tahun berikutnya di I Salón Nacional de Arquitectura yang berlangsung di ruang pameran kotapraja Buen Retiro di Madrid.

Selama Paris eksposisi Mei 1910, Gaudi menghabiskan liburan di Vic, di mana dia mendesain dua tiang lampu basal dan besi tempa untuk Plaça Major dari Vic untuk menghormati seratus Jaume Balmes itu. Tahun berikutnya ia tinggal sebagai penyembuhan di Puigcerdà sementara menderita TBC. Selama waktu ini ia dikandung ide untuk fasad Passion of the Sagrada Familia. Karena kesehatan yang buruk ia menyiapkan surat wasiat di kantor notaris Ramon Canto i Figueres pada tanggal 9 Juni, tetapi kemudian benar-benar pulih.

Dekade tahun 1910 adalah satu sulit untuk Gaudí. Selama dekade ini, arsitek mengalami kematian keponakannya Rosa pada tahun 1912 dan kolaborator utamanya Francesc Berenguer pada tahun 1914, krisis ekonomi parah yang melumpuhkan bekerja pada Sagrada Familia pada tahun 1915, 1916 kematian temannya Josep Torras i Bages, uskup Vic, 1917 gangguan kerja di Colonia Güell,. dan 1.918 kematian temannya dan pelindung Eusebi Güell. Mungkin karena tragedi ini ia mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk Sagrada Familia dari tahun 1915, yang berlindung dalam karyanya.

Gaudí mengaku rekan-rekannya: Teman baik saya mati, saya tidak punya keluarga dan tidak ada klien, tidak ada keberuntungan atau apapun. Sekarang saya bisa mengabdikan diri sepenuhnya kepada Gereja.

Gaudi didedikasikan tahun-tahun terakhir hidupnya sepenuhnya untuk "Katedral Kaum Miskin", seperti yang umum dikenal, yang ia mengambil sedekah untuk melanjutkan. Terlepas dari dedikasi untuk penyebab ini, ia berpartisipasi dalam beberapa kegiatan lain, mayoritas yang terkait dengan iman Katolik-nya: pada 1916 ia berpartisipasi dalam suatu kursus tentang Gregorian di Palau de la Musica Catalana diajarkan oleh Biarawan Benediktin Gregori M Sunyol.

Kehidupan pribadi - Gaudí mengabdikan hidupnya sepenuhnya untuk profesinya, tetap melajang. Dia hanya diketahui telah tertarik ke salah satu guru wanita-Josefa Moreu, di Koperasi Mataró, pada tahun 1884-tapi ini tidak berbalas. Setelah itu Gaudí berlindung di kedamaian rohani yang mendalam iman Katoliknya menawarinya.. Gaudí sering digambarkan sebagai unsociable dan menyenangkan, seorang pria reaksi kasar dan gerakan arogan. Namun, orang-orang yang dekat dengannya menggambarkan dia sebagai ramah dan sopan, menyenangkan untuk berbicara dengan dan setia kepada teman-teman. Di antaranya, pelanggan nya Eusebi Güell dan uskup dari Vic, Josep Torras i Bages, menonjol, serta penulis Joan Maragall dan Jacint Verdaguer, dokter Pere Santaló dan beberapa kolaborator yang paling setia, seperti Francesc Berenguer dan Llorenc Matamala.

Fitur penampilan Nordic pribadi Gaudí, rambut pirang dan mata biru-berubah secara radikal selama waktu. Sebagai seorang pemuda, ia berpakaian seperti seorang pesolek di jas mahal, olahraga rambut rapi dan brewok, memanjakan rasa gourmet, membuat sering berkunjung ke teater dan opera dan mengunjungi lokasi proyek di sebuah kereta kuda. Semakin tua Gaudí makan hemat, berpakaian tua, usang jas, dan mengabaikan penampilannya sejauh bahwa kadang-kadang ia dibawa untuk pengemis, seperti setelah kecelakaan yang menyebabkan kematiannya.

Gaudí meninggalkan hampir tidak ada dokumen tertulis, selain dari laporan teknis dari karya-karyanya yang dibutuhkan oleh otoritas resmi, beberapa surat kepada teman-teman (khususnya Joan Maragall) dan beberapa artikel jurnal. Beberapa kutipan dikumpulkan oleh asistennya dan murid telah diawetkan, di atas semua oleh Josep Francesc Rafols, Joan Bergós, Cesar Martinell dan Isidre Puig i Boada. Satu-satunya dokumen tertulis Gaudí kiri dikenal sebagai Manuscrito de Reus (Reus Naskah) (1873-1878), semacam buku harian siswa di mana ia mengumpulkan beragam tayangan arsitektur dan dekorasi, mengedepankan ide-idenya pada subjek. Termasuk analisis gereja Kristen dan rumah leluhurnya, serta teks tentang ornamen dan komentar pada desain meja.

Gaudí selalu mendukung kenegaraan untuk Catalonia [rujukan?] Tapi enggan untuk menjadi aktif secara politik. Politisi, seperti Francesc Cambo dan Enric Prat de la Riba, menyarankan agar ia mencalonkan diri sebagai wakil tapi dia menolak. Pada tahun 1920 ia dipukuli oleh polisi dalam kerusuhan selama perayaan Game Floral. Pada 11 September 1924, Hari Nasional Catalonia, ia dipukuli di sebuah demonstrasi menentang pelarangan dari bahasa Catalan oleh kediktatoran Primo de Rivera. Gaudí ditangkap oleh Garda Sipil, sehingga kunjungan singkat di penjara, dari mana ia dibebaskan setelah membayar uang jaminan 50 peseta.

Kematian - Pemakaman Gaudí (12 Juni 1926) - Pada 7 Juni 1926, Gaudí sedang nya berjalan setiap hari ke Sant Felip Neri gereja untuk berdoa kebiasaan dan pengakuan. Sambil berjalan di sepanjang Gran Via de les Corts Catalanes antara Girona dan jalan-jalan Bailén, ia dipukul oleh sebuah trem yang lewat dan kehilangan kesadaran. Mulai untuk menjadi pengemis karena kurangnya dokumen identitas dan pakaian lusuh, yang Gaudí sadar melakukan tidak menerima bantuan langsung. Akhirnya seorang polisi diangkut dia dalam taksi ke Rumah Sakit Creu Santa, di mana ia menerima perawatan dasar. Pada saat itu pendeta dari Sagrada Familia, Mosen Gil pares, mengenalinya pada hari berikutnya, kondisi Gaudí memburuk terlalu parah untuk manfaat dari pengobatan tambahan. Gaudí meninggal pada tanggal 10 Juni 1926 pada usia 73 dan dimakamkan dua hari kemudian. Sebuah kerumunan besar berkumpul untuk mengucapkan selamat kepadanya di kapel Our Lady of Mount Carmel di ruang bawah tanah Sagrada Familia.

Nisan nya beruang tulisan ini: Antonius Gaudí Cornet. Reusensis. Annos Natus LXXIV, vitae exemplaris vir, eximiusque Artifex, mirabilis operis hujus, templi auctor, pie obiit Barcinone die X Junii MCMXXVI, hinc cineres tanti hominis, resurrectionem mortuorum hamil. R.I.P.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger