Headlines News :
Home » » Google Doodle - Pramoedya Ananta Toer

Google Doodle - Pramoedya Ananta Toer

Google Doodle - Pramoedya Ananta ToerBiografi Pramoedya Ananta Toer - Hari ini 6 Februari 2017 Logo Google Indonesia atau Doodle memperingati hari lahir Tokoh Pramoedya Ananta Toer yang ke 92 tahun. Pramoedya Ananta Toer, secara luas dianggap sebagai salah satu pengarang yang produktif dalam sejarah sastra Indonesia. Pramoedya telah menghasilkan lebih dari 50 karya dan diterjemahkan ke dalam lebih dari 41 bahasa asing.

Kutipan, Kata Bijak, Kata Mutiara atau Quotes Pramoedya Ananta Toer pun cukup banyak yang bisa menjadi bahan inspirasi. Pramoedya Ananta Toer atau yang lebih akrab disapa Pram adalah salah satu sastrawan besar yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Author of Bumi Manusia dan putra sulung tokoh Institut Boedi Oetomo, Pram kecil malah tidak begitu cemerlang dalam pelajaran di sekolahnya. Faktanya tiga kali tak naik kelas.

Google Doodle - Pramoedya Ananta ToerPramoedya dilahirkan di Blora, di jantung Pulau Jawa, pada 1925 sebagai anak sulung dalam keluarganya. Ayahnya ialah guru dan ibunya ialah pedagang. Biografi dan Kisah Hidup Seorang Budayawan dan Sastrawan Pramoedya Ananta Toer Ia bukan hanya dikenal sebagai salah satu penulis sastra terbaik. Buku ebook pramoedya ananta toer bumi manusia, puisi dan tetralogi pramoedya ananta toer banyak bertebaran di media masa cetak serta elektronik bahkan dunia internet.

Pada 27 April 2006, Pram sempat tak sadar diri. Pihak keluarga akhirnya memutuskan membawa dia ke RS Saint Carolus hari itu juga. Pram didiagnosis menderita radang paru-paru, penyakit yang selama ini tidak pernah menjangkitinya, ditambah komplikasi ginjal, jantung, dan diabetes. Pram hanya bertahan tiga hari di rumah sakit. Setelah sadar, dia kembali meminta pulang. Meski permintaan itu tidak direstui dokter, Pram bersikeras ingin pulang. Sabtu 29 April, sekitar pukul 19.00, begitu sampai di rumahnya, kondisinya jauh lebih baik. Meski masih kritis, Pram sudah bisa memiringkan badannya dan menggerak-gerakkan tangannya.

Google Doodle - Pramoedya Ananta ToerKabar meninggalnya Pram sempat tersiar sejak pukul 03.00. Tetangga-tetangga sudah menerima kabar duka tersebut. Namun, pukul 05.00, mereka kembali mendengar bahwa Pram masih hidup. Terakhir, ketika ajal menjemput, Pram sempat mengerang, "Akhiri saja saya. Bakar saya sekarang," katanya. Pada 30 April 2006 pukul 08.55 Pramoedya wafat dalam usia 81 tahun. Jenazah dimandikan pukul 12.30 WIB, lalu disalatkan. Setelah itu, dibawa keluar rumah untuk dimasukkan ke ambulans yang membawa Pram ke TPU Karet Bivak. Terdengar lagu Internationale dan Darah Juang dinyanyikan di antara pelayat.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger