Headlines News :
Home » » Pilbup Tegal - Dalang Ki Enthus Susmono

Pilbup Tegal - Dalang Ki Enthus Susmono

Minggu (3/11) digelar Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU Tegal, Jawa Tengah, menghasilkan pemenang yakni Enthus Susmono-Umi Azizah dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tegal, Jawa Tengah, yang berlangsung 27 Oktober 2013.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tegal Sukartono mengatakan bahwa pasangan Enthus Susmono-Umi Azizah meraih 233.313 suara (35,21 persen), sedangkan pasangan Edi-Abasari memperoleh 223.436 suara (33,71 persen).

"Perbedaan perolehan jumlah suara Enthus-Umi dengan Edi-Abasari hanyalah 9.882 suara sehingga sangat tipis untuk ukuran pemilihan bupati. Ini merupakan hasil akhir rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara," katanya di Tegal seperti dikutip Antara.

Menurut dia, jumlah pemilih yang menggunakan haknya pada Pilkada Kabupaten Tegal sebanyak 685.280 dan diikuti oleh lima pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Kendati demikian, kata dia, meski pasangan Enthus Susmono-Umi Azizah sudah dinyatakan unggul dalam perolehan suara, KPU belum menetapkan kapan Enthus-Umi sebagai pemenang Pilkada Kabupaten Tegal.

Berdasarkan perolehan suara dari 18 kecamatan, Kabupaten Tegal,
pasangan Ehtus-Umi mampu menguasai sembilan kecamatan, sedangkan pasangan Edi-Abasari hanya delapan kecamatan.

Pada rapat pleno terbuka itu juga terungkap bahwa pasangan
Rojikin-Budiarto memperoleh sebanyak 116.234 suara (17,54 persen), disusul Fikri-Kahar 45.563 suara (6,87 persen), dan Himawan-Budi Sutrisno sebanyak 44.189 suara (6,67 persen). Ia mengatakan bahwa tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Kabupaten Tegal mencapai 57,88 persen.

"Dari jumlah warga yang hadir di TPS mencapai 685.280 orang," katanya. Pada rapat pleno terbuka KPU ini diwarnai protes dari para saksi pasangan Edi-Abasari dengan alasan ada banyak pelanggaran kampanye, seperti banyaknya suara tidak sah dan dugaan praktik politik uang.

Ki Enthus Susmono (47) merupakan seorang dalang terkenal yang berasal dari Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Dia adalah anak satu-satunya Soemarjadihardja, dalang wayang golk terkenal dari Tegal dengan istri ketiga bernama Tarminah. Enthus juga merupakan keturunan RM Singadimedja, dalang terkenal dari Bagelen pada masa pemerintahan Sunan Amangkurat di Mataram.

Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger