Headlines News :
Home » » Gempa 7,9 SR Nepal Pengaruhi Puncak Everest

Gempa 7,9 SR Nepal Pengaruhi Puncak Everest

Nepal diguncang gempa bumi dengan kekuatan yang dahsyat. Akibatnya, banyak bangunan ambruk dan ratusan penduduk tewas. Gempa tersebut berkekuatan 7,9 skala richter (SR) dan Pusat gempa berada di dekat ibu kota Nepal, Kathmandu, dan kota Pokhara, pada kedalaman 15 kilometer. Sesaat setelah gempa mengguncang, dilaporkan dua orang tewas. Tak lama kemudian, Kementerian Dalam Negeri Nepal merilis pernyataan tak kurang dari 144 tewas, sementara kepolisian Nepal melaporkan korban tewas mencapai 449 orang.

Getaran gempa juga menyebabkan menara bersejarah Dharahara roboh. Padahal, ada sekitar 400 orang yang diperkirakan tengah berkunjung di sana. Gempa juga menyebabkan kepanikan para pendaki Puncak Everest. Gempa dilaporkan telah menimbulkan longsoran hebat sehingga merusak area base camp yang sedang disesaki pendaki. Sejauh ini, tak ada laporan korban jiwa, tetapi beberapa pendaki terjebak.

Kementerian Luar Negeri meenyebut ada 34 WNI yang berada di Nepal saat gempa berkekuatan 7.9 SR yang menghantam negara itu. 17 WNI telah diketahui keberadaraanya dan berstatus baik. Dalam rilis yang dikirim Kemlu, Minggu (26/4/2015), 18 orang menetap di Nepal dan sisanya melakukan kunjungan ke Nepal, termasuk diantaranya sejumlah WNI yang sedang melakukan pendakian Gunung Everest.

Gempa dahsyat berkekuatan 7.9 Skala Richter (SR) telah memicu longsoran salju di gunung tertinggi dunia, Mount Everest. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menerima informasi 3 WNI pendaki gunung tersebut selamat saat gempa terjadi. "Kita dapat informasi 3 orang yang teridentifikasi selamat dan keluarga sudah menghubungi," ujar Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kemlu, Lalu M Iqbal, saat dihubungi detikcom, Minggu (26/4/2015).

Lalu belum mendapatkan identitas ketiga pendaki gunung tersebut. Mengenai ada atau tidaknya rombongan pendaki gunung WNI lainnya yang berada di lokasi, Lalu belum dapat memastikan lebih jauh. "Kita belum dapat informasi dari 3 orang yang selamat itu siapa dan asal mana saja. Kita juga belum tahu ada atau tidaknya rombongan lain," sambungnya.

Gempa berkekuatan 7.9 SR yang mengguncang kota Pokhara di Nepal telah menimbulkan banyak korban jiwa dan kerusakan luas di ibukota Kathmandu. Longsoran salju akibat gempa ini mengubur sebagian base camp bagi para pendaki gunung yang akan mendaki Everest. Menurut pejabat Kementerian Pariwisata Nepal seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (25/4) lalu, setidaknya delapan pendaki gunung tewas akibat longsoran salju ini.

Pendaki gunung asal Romania, Alex Gavan menceritakan dirinya berlari menyelamatkan diri saat terjadi longsoran salju tersebut. Dikatakannya, banyak orang yang tengah berada di atas gunung tersebut saat kejadian. Pendaki lainnya, Daniel Mazur, mengatakan, base camp Everest rusak parah akibat longsoran salju dan timnya terjebak.




Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger