Headlines News :
Home » , » Kronologis Karamnya Kapal KM Wihan Nusantara

Kronologis Karamnya Kapal KM Wihan Nusantara

Kronologis Kapal KM Wihan Nusantara Karam di Teluk Lamong, SurabayaKM Wihan Sejahtera tenggelam di perairan Teluk Lamong, Senin (15/11/2015). Inilah kronologi tenggelamnya KM Wihan Sejahtera. Evakuasi ini melibatkan sekitar lima kapal milik Polair. Diantara kapal yang terlibat dalam evakuasi adalah KP Perkutut 3005. Komandan KP Perkutut 3005, Aiptu Antonius Trias menyatakan KM Wihan Sejahtera bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak sekitar pukul 09.00 WIB. Kapal ini mengangkut sekitar 100 penumpang. "Kapal ini akan melanjutkan perjalanan menuju Ende (Nusa Tenggara Timur)," kata Antonius.

Kapal motor bermuatan penumpang dan kendaraan terguling di perairan Pelabuhan Teluk Lamong Surabaya, Jawa Timur, Senin, 16 November 2015. Sebagian penumpang kapal ikut tenggelam ke dalam laut. Beruntung, kejadian itu segera diketahui oleh petugas pelabuhan. Petugas segera mengirimkan kapal bantuan untuk melakukan evakuasi. Hingga saat ini, sebagian korban sudah berhasil dievakuasi ke Rumah Sakit PHC, Surabaya.

Berdasarkan data Rumah Sakit PHC Perak, Surabaya, terdapat 11 korban dalam kecelakaan yang menimpa Kapal Motor (KM) Wihan Nusantara yang tengah menjalani perawatan. Kesebelas korban itu adalah:

1. Andri (22)
2. Hobi Laini (27)
3. Maria Yunita (22)
4. Ana (3)
5. Serlina (23)
6. Theresia (22)
7. Haris Efendi (23)
8. Susamah (55)
9. Heru Pusri Wibowo (44)
10. Fadli Alan (30)
11. Sisilia Mariana (42).

Salah seorang petugas medis mengatakan, sebagian korban sudah mendapatkan penanganan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS PHC, Perak Surabaya. "Sebagian lagi kami masih menunggu karena belum datang," ujar salah seorang petugas medis yang enggan disebutkan namanya.

Kapal ini tidak hanya mengangkut ratusan penumpang. Didalamnya juga ada 43 truk besar, delapan truk kecil, tujuh mobil, dan dua motor. KM Wihan Sejahtera tiba di lokasi tenggelam sekitar pukul 09.30 WIB. Bagian bawah kapal membentur benda keras sehingga lunasnya robek dan air langsung masuk ke kapal. 15 menit setelah benturan, badan kapal miring ke kiri. Barang-barang di kapal berjatuhan ke laut. Para penumpang langsung berebut memakai pelampung. Sebagaian penumpang ada yang melompat ke laut tanpa pelampung. Tim evakuasi tiba di lokasi sekitar pukul 10.15 WIB. Penumpang yang berhasil diselamatkan langsung dibawa ke Gapura Surya Nusantara.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger