Headlines News :
Home » » Tarian Aceh di TMII Pecahkan Rekor Muri 2016

Tarian Aceh di TMII Pecahkan Rekor Muri 2016

6 Ribu lebih Penari Aceh di TMII Pecahkan Rekor Muri 2016Sebanyak 6.600 penari Ratoeh Jaroe Aceh pecahkan rekor tari masal Aceh terbanyak dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam rangka HUT ke 41 Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jumat (24/04/2016) sore. Dimana tarian ini menurut panitia, menggambarkan perjuangan seorang tokoh perempuan dari Angkatan Laut pertama kalinya di dunia pada abad ke 15. Tokoh tersebutlah yang menginspirasi dan terciptanya tarian Ratoeh Jaroe Aceh ini.

Diawali dengan pidato pembuka dari Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dan sambutan dari Ketua MPR Zulkifli Hasan, acara pertunjukkan tari masal 6.600 penari Ratoeh Jaroe Aceh pun dimulai. Sementara dalam sambutanya, Gubernur Aceh selain menyambut baik pertunjukkan ini, juga berucap terimakasih ke pihak panitia yang telah mempercayakan Provinsi Aceh sebagai tuan rumah HUT ke 41 TMII tahun 2016.

"Kami merasa terhormat dan merasa bangga karena kami dipercaya untuk menjadi tuan rumah, sekaligus menampilkan beberapa kesenian dan kebudayaan dari Provinsi Aceh. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada pihak pengelola Taman Mini Indonesia Indah, dan sekaligus terimakasih saya ucapkan kepada seluruh pengelola Anjungan TMMI dari seluruh Provinsi di Indonesia yang sudah turut membantu suksesnya acara ini," sambut Zaini.

Penutupan HUT TMII ke-41 selain dihadiri puluhan ribu pengunjung, juga turut hadir Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. Dan seluruh jajaran SKPA Pemerintahan Aceh. Tari Ratoeh Jaroe yang ditampilkan ini merupakan salah satu momen budaya kolosal di Indonesia karena melibatkan sekitar 6.600 penari. Seni tari ini akan sangat memikat, karena Tari Ratoeh Jaroe merupakan salah satu tarian yang menuntut gerakan cepat dan kekompakan dari semua penarinya. Tari ini masih sering ditampilkan dalam berbagai event di Aceh, antara lain pada acara pernikahan, kenduri rakyat, penyambutan tamu dan sebagainya.

Sama halnya dengan Tari Saman, Tari Ratouh Jaro juga telah mendunia. Para mahasiswa di Eropa, Jepang dan Amerika banyak yang mempelajari tarian ini untuk dipertontonkan di depan publik. Bahkan mereka sampai-sampai mengundang pelatih tari dari Aceh untuk dapat mempelajari tarian ini. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Aceh juga langsung mendapatkan piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yang diserahkan oleh perwakilan dari lembaga tersebut. Anugerah yang diberikan MURI bertepatan dengan ulang tahun ke 76 Gubernur Aceh, Zaini Abdullah yang jatuh pada, Minggu, 24 April 2016.

Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger