Headlines News :
Home » » Kala Planet Mars Terlihat Sebesar Bulan Purnama

Kala Planet Mars Terlihat Sebesar Bulan Purnama

Kala Planet Mars Terlihat Sebesar Bulan PurnamaHeboh kabar di Dunia Maya bahwa pada 27 Agustus 2013 Mars akan muncul seperti Bulan purnama di langit Bumi. Salah satu versi menyebutkan bahwa Mars dan bulan Bumi akan muncul sebagai "bulan ganda" pada akhir Agustus dan sebuah foto beredar di facebook. Kabar ini pun telah beredar sejak tahun 2003. Hoax Mars yang muncul sebesar Bulan Purnama ini tidak akan mati.

Berita Mars yang beredar merupakan berita tahunan yang dikenal sebagai Mars Hoax. Artinya ini merupakan berita yang salah tentang Mars. Versi awal berita Mars tersebut menyebutkan jika ingin melihat Mars sebesar Bulan saat dilihat dengan mata telanjang, maka lihatlah dengan teleskop yang perbesarannya 75 kali. Tapi sayangnya, berita itu kemudian hanya tersisa Mars sebesar bulan dilihat dengan mata telanjang atau mata tanpa alat.

Malam Ini, 27 Juli 2018, selain gerhana Bulan total, kita juga bisa melihat satu lagi keindahan langit. Kita bisa melihat planet Mars lebih terang dan lebih jelas dari biasanya. Pada 27 Juli malam, Mars akan berada di titik oposisinya terhadap Matahari. Kalau punya teleskop, kita bisa mengamati Mars dengan lebih jelas. Bahkan kita bisa melihat Mars dengan detail permukaannya, termasuk kawah-kawah yang ada di sana.

Mars akan berada sangat dekat dari Bumi pada 31 Juli 2018 mendatang. Dalam jarak terdekatnya ini, Bumi dan Mars hanya akan berjarak sekitar 57,6 juta kilometer saja. Dan jarak ini merupakan jarak yang paling dekat setelah 15 tahun berlalu. Untuk mendapatkan ukuran sebesar Bulan Purnama dari Bumi, maka Mars harus diperbesar hingga berdiameter 486.000 km dengan jarak yang tetap. Diameter ini adalah sekitar 70 kali diameter sebenarnya.

Jangan bayangkan kita akan melihat Mars sebesar Bulan purnama secara langsung. Mars tetap tidak akan terlihat sebesar itu, melainkan hanya seperti bintang yang sangat terang. Jadi kabar sesungguhnya, Planet Mars saat posisi terdekat dengan bumi kita, akan terlihat sebesar bulan purnama jika dibantu teleskop dengan pembesaran 70 kali. Demikian sedikit penjelasan mengenai kabar yang beredar tentang "Planet Mars Terlihat Sebesar Bulan Purnama".
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger