Headlines News :
Home » » Fenomena Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023

Fenomena Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023

Fenomena Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023Fenomena gerhana Matahari hibrida akan terjadi pada Akhir Ramadhan 20 April 2023, yang merupakan fenomena dari dua macam gerhana dalam satu fenomena. Bermula dengan gerhana Matahari cincin yang berubah menjadi gerhana Matahari total, dan kembali menjadi gerhana Matahari cincin dalam waktu singkat.

Sayangnya, Indonesia hanya dapat menyaksikan gerhana Matahari total saja. Itu pun hanya bisa disaksikan di beberapa kota, dan bukan di kota-kota besar. Hampir seluruh kota besar di tanah air hanya dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian. Waktu untuk menyaksikannya pun berbeda-beda di setiap daerah.

Untuk Jakarta, gerhana berlangsung selama 2 jam 37 menit, mulai pukul 09.29 WIB. Puncak gerhana terjadi pada pukul 10.45 WIB dan berakhir pada 12.06 WIB. Di Yogyakarta, gerhana matahari akan berlangsung sekitar 2 jam 50 menit, dari pukul 09.26 WIB, hingga pukul 12.16 WIB. Puncak gerhana terjadi pada pukul 10.48 WIB.

Yogyakarta menjadi ibukota provinsi yang paling awal memulai gerhana matahari sebagian, sedangkan Medan menjadi ibukota provinsi paling awal mengakhiri gerhana. Di Jayapura Gerhana akan dimulai pukul 12.29 WIT dan puncaknya pada pukul 14.04 WIT. Berlangsung selama 3 jam 1 menit, dan berakhir pada pukul 15.30 WIT.

Jayapura jadi ibu kota provinsi paling akhir memulai dan mengakhiri gerhana matahari sebagian. Untuk 38 provinsi mengalami gerhana matahari sebagian kecuali 5 kabupaten/kota di Aceh. Terdapat dua cara untuk mengamati gerhana matahari hibrida di tahun 2023 ini. Caranya menggunakan teleskop yang telah dilapisi filter, atau dengan kacamata gerhana.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger