Headlines News :
Home » » NTT dan Sikka Gelar Pilkada Putaran Kedua

NTT dan Sikka Gelar Pilkada Putaran Kedua

Pilkada NTTPilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur periode 2013-2018 dinyatakan berlangsung Dua Putaran. Dari hasil pleno akhir yang dilakukan KPU NTT hingga Rabu (27/3) malam, tidak mendapatkan pasangan calon yang meraih angka 30%. Putaran kedua, berhadapan antara pasangan Frans Lebu Raya-Benny A Litelnoni (Frenly) dengan Esthon Foenay-Paul Tallo (Esthon-Paul).

Sesuai agenda KPU NTT, pemilu Gubernur NTT putaran kedua akan berlangsung pada 15 Mei 2013. Namun KPU Nusa Tenggara Timur memastikan pelaksanaan pilkada putaran kedua di provinsi tersebut ditunda sepekan kemudian. Alasan penundaan mengikuti proses hukum sengketa pemilihan putaran pertama yang menurut rencana baru akan diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta, Senin (29/4). Juru Bicara KPU NTT Djidon de Haan, di Kupang, Jumat, mengatakan, sedianya berlangsung Rabu (15/5).

Pilkada putaran kedua terlampau sulit dipaksakan sesuai jadwal semula (15 Mei). Waktunya sudah sangat dekat sehingga akan timbul kesulitan pengadaan dan distribusi logistik. Proses hukum sengketa Pilkada NTT berdampak tertundanya pengadaan logistik, yang selanjutnya berpengaruh pada kegiatan distribusi ke seluruh wilayah 21 kabupaten/kota di provinsi itu. Pengadaan logistik harus merujuk putusan final MK.

#Hasil Penghitungan Suara Pilgub NTT 2013 Putaran Kedua antara pasangan Esthon Foenay-Paul Tallo (Esthon-Paul) dan Frans Lebu Raya-Benny A Litelnoni (Frenly) - lihat klik disini : Hasil Pilkada Putaran Kedua di NTT 2013

#Untuk Hasil Penghitungan Suara Pilbup Sikka 2013 Putaran Kedua antara pasangan Alexander Longginus-Roberto Diogo (Alex-Idong) dan Yosef Ansar Rera-Poulus Nong Susar (An-Sar) - lihat klik disini : Hasil Pilbup Sikka 2013 Putaran Kedua

Pilkada NTT Putaran Kedua 23 Mei 2013 - Mahkamah Konstitusi pada sidang lanjutan atas tuntutan Pasangan Ibrahim Agustinus Meda duet Melki Laka Lena atau paket TUNAS yang diusung partai Golkar pada Pemilihan umum Kepala daerah NTT 18 Maret lalu, memutuskan menolak semua tuntutan paket Tunas, sekaligus mendukung sepenuhnya Keputusan KPU NTT dan memberikan ruang bahi institusi penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU NTT untuk meneruskan pelaksanaan Pelgub pada putaran kedua.

Ketua KPU NTT, Drs John depa, M,si kepada KBRN menjelaskan, pada sidang lanjutan tanggal 29 april 2013 pkl. 14.30 WIB, MK secara resmi menolak tunutan paket Tunas. Saat ini, lanjut John Depa, tengah dilakukan rapat persiapan dengan KPUD se NTT untuk pelaksanaan Pilkada putaran kedua, disamping itu membahas pula persiapan laibn menuju Pileg dan Pilpres 2014. Mengingat waktu yang sudah semakin dekat, persiapan menuju pemilu 2014 juga menjadi pokok bahasan penting.

Seperti telah diberitakan KBRN sebelumnya, Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan paket Tunas, atas indikasi penggelembungan dan manipulasi data suara pada sejumlah TPS di Sumba Barat daya dan Timor Tengah Selatan, namun pada dua kali sidang sebelumnya, Mahkama Konstitusi belum menemukan pelanggaran pelaksanaan Pemilu. Satu Kabupaten di NTT yakni Kabupaten Sikka, juga akan menyelenggarakan Pemilihan Bupati pada tanggal bersamaan yakni pada hari kamis 23 Mei 2013. - Hasil Pilkada NTT 2013 -

Menurut daftar pemilih tetap (DPT) yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT, sejumlah 3.027.283 warga yang berhak memberikan suaranya di 8.360 TPS, di 21 kabupaten/kota. Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur periode 2013/2018 awalnya diikuti lima pasangan calon gubernur. Lima pasangan calon ini memperebutkan pucuk pimpinan di NTT lima tahun ke depan, dalam pemungutan suara yang digelar pada 18 Maret 2013.

Berdasarkan data yang diperoleh dari KPU Nusa Tenggara Timur (NTT), pasangan nomor urut empat, Frans Lebu Raya - Benni A Litelnoni (Frenly) sementara masih menempati posisi pertama dalam perolehan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTT 2013 yang digelar 18 Maret 2013. Dalam pemungutan suara yang digelar pada 18 Maret 2013 didapatkan Hasil sementara sebagai berikut :

1. Esthon Foenay-Paul Tallo (Esthon-Paul) : 515.836 suara (22,56%)
2. Ibrahim A Medah-Emanuel M Laka Lena (Tunas) : 514.173 suara (22,48%)
3. Cristian Rotok-Paul Lyanto (CristAl) : 332.569 suara (14,54%)
4. Frans Lebu Raya-Benny A Litelnoni (Frenly) : 681.273 suara (29,80%)
5. Beny Kabur Harman-Wellem Nope (BKH-Nope) : 242.610 suara (10,61%)

Akhirnya Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur periode 2013-2018 dinyatakan berlangsung Dua Putaran. Dari hasil pleno akhir yang dilakukan KPU NTT hingga Rabu (27/3) malam, tidak mendapatkan pasangan calon yang meraih angka 30%. Putaran kedua, berhadapan antara pasangan Frans Lebu Raya-Benny A Litelnoni (Frenly) dengan Esthon Foenay-Paul Tallo (Esthon-Paul).

#Hasil Penghitungan Suara Pilgub NTT 2013 Putaran Kedua antara pasangan Esthon Foenay-Paul Tallo (Esthon-Paul) dan Frans Lebu Raya-Benny A Litelnoni (Frenly) - lihat klik disini : Hasil Pilkada Putaran Kedua di NTT 2013

#Untuk Hasil Penghitungan Suara Pilbup Sikka 2013 Putaran Kedua antara pasangan Alexander Longginus-Roberto Diogo (Alex-Idong) dan Yosef Ansar Rera-Poulus Nong Susar (An-Sar) - lihat klik disini : Hasil Pilbup Sikka 2013 Putaran Kedua - Hasil Pilkada NTT 2013 -
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger