Headlines News :
Home » » Pemilukada Palangkaraya dan Barito Utara

Pemilukada Palangkaraya dan Barito Utara

Pilkada Kalimantan TengahPesta Demokrasi Pemilukada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangkaraya digelar bersamaan dengan Pilkada Bupati Barito Utara pada 5 Juni 2013. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah telah melakukan rapat pleno penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang akan ikut dalam Pilkada Palangkaraya 2013. Sementara itu Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Barito Utara menyelenggarakan Pemiihan Calon Bupati Kabupaten Barito Utara dengan anggaran Rp 7,5 miliar.

Pilkada Kota Palangkaraya - Sebanyak enam pasangan calon wali kota-wakil wali kota peserta pemilihan kepala daerah kota Palangka Raya 5 Juni 2013. Enam pasangan calon walikota dan wakil walikota yang ditetapkan KPU sebagai peserta yang bertarung di Pilkada Palangkaraya 2013 yakni, pasangan calon Faridawaty Darland Atjeh - H Sodikul Mubin, Edison - Hadiansyah, HM Riban Satia - Mofit Saptono, Zons Hery - Aprie Husien Rahu, Tuty Dau - H Maryono serta Sudadi - Ida Bagus Supriyatna.

Pesta Demokrasi Pemilukada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangkaraya bakal seru. Ada beberapa pasangan dari jalur perseorangan mengikuti Pilkada Kota Palangkaraya. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, menerima berkas dukungan dua pasang calon yang maju melalui jalur independen atau perorangan yang telah mengumpulkan berkas dukungan berupa photocopy KTP lebih dari 15.749 orang yang merupakan jumlah minimal dukungan sebagai persyaratan untuk maju melalui jalur independen.

Pasangan jalur perseorangan, yakni Zons Hery dan Aprie Husin Rahu, datang ke Kantor KPU Palangkaraya untuk menyerahkan berkas dukungan masyarakat. Berkas itu berupa fotokopi KTP para pendukung. Mereka yang maju melalui jalur perseorangan harus mengumpulkan dukungan minimal lima persen dari jumlah penduduk Palangkaraya. Jumlah total penduduk sebanyak 314.976 orang. Artinya, pasangan harus bisa mengumpulkan dukungan minimal dari 15.749 warga.

Ketua KPU Palangkaraya Sastriadi mengatakan, mereka yang memberi dukungan harus tersebar setidaknya di tiga kecamatan dari lima kecamatan di Palangkaraya. Penyerahan berkas jalur perseorangan Pilkada Palangkaraya diselenggarakan pada 30 Januari - 5 Februari 2013. Dukungan yang sama juga dikumpulkan pasangan lain dari jalur perseorangan, yakni Faridawaty Darland Atjeh dan Sodikul Mubin (Fady). Mereka mengumpulkan dukungan dari 17.535 orang.

#Untuk Hasil Penghitungan Suara Pilkada Kota Palangkaraya 2013 - Lihat Klik Disini : Hasil Pilkada Kota Palangkaraya 2013

Pilkada Kabupaten Barito Utara - Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, telah menetapkan jadwal kampanye pilkada setempat mulai 19 Mei hingga 1 Juni 2013. Sementara itu pilkada Barito Utara digelar 5 Juni 2013. Tujuh pasangan calon kepala daerah yang bertarung di Pilkada Kabupaten Barito Utara adalah, pasangan nomor urut 1, Mahmud-Lucius (perseorangan), nomor urut 2, Sapto Nugroho-Jamaluddin dan nomor 3, Mulyar Samsi-Yusia S. Tingan. Nomor urut 4, Jhamhudji-Junia Soharto (perseorangan), nomor urut 5 Nadalsyah-Ompie Herbi, nomor 6 Shalahuddin-Nurul Ainy dan nomor urut 7 Relawati-Purman Jaya.

Pada sosialisasi tahapan, program, dan jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Barito Utara di Misma Antang, Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Selasa (29/1), menjawab pertanyaan dari mereka yang hadir dalam sosialisasi itu, Rututman menegaskan bahwa tidak boleh terjadi rekomendasi ganda dari Partai Politik siapa calon Bupati yang akan mereka usung.

Menurut Rututman, waktu pengambilan formulir calon dari Parpol Gabungan Parpol adalah tanggal 2 Maret sampai 6 Maret 2013. Sedangkan calon perseorangan pengambilan formulir tanggal 5 Februari sampai dengan 9 Februari 2013. Sedangkan waktu pendaftaran tanggal 7 Maret sampai dengan 11 Maret 2013. Saat ini sejumlah kandidat semakin marak menghiasi Muara Teweh dengan Baliho-balihonya yang masif dan tak terkendali.

Meskipun itu belum secara resmi bahwa para bakal calon itu, namun publik Barito Utara sudah nampak merespon pesta demokrasi lima tahunan ini. Sejumlah tokoh seperti pengusaha Batubara H.Mulyar Samsi, Isteri Bupati Yuliansyah Relawati H.Purmanjaya (H.Gogo), Nadalsyah (Koyem), Achmad Syarfani, H.Aprian Noor, H.Asran, juga nama Taufik Nugraha, dan juga nama Ir. Elly muncul di Baliho di baroto Utara, tapi apakah mereka akan maju atau nantinya memecah suara kita lihat nanti. -Berbagai Sumber-

#Untuk Hasil Penghitungan Suara Pilkada Kabupaten Barito Utara 2013 - Lihat Klik Disini : Hasil Pilkada Kabupaten Barito Utara 2013
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger