Headlines News :
Home » , » Pilkada Sumsel Serentak Sumatera Selatan

Pilkada Sumsel Serentak Sumatera Selatan

Pilkada Serentak Provinsi Sumatera Selatan 2013Sumatera Selatan adalah provinsi yang beribukota di Palembang yang terkenal sejak dahulu karena menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya. Secara geografis provinsi Sumatera Selatan berbatasan dengan provinsi Jambi di utara, provinsi Kep. Bangka-Belitung di timur, provinsi Lampung di selatan dan Provinsi Bengkulu di barat.

Pada tahun 2010 jumlah penduduk Sumatera Selatan sudah mencapai 7.450.394 jiwa, yang menempatkan Sumatera Selatan sebagai provinsi ke-9 terbesar penduduknya di Indonesia. Secara absolut jumlah penduduk Sumatera Selatan terus bertambah dari tahun ke tahun. Tercatat pada tahun 1971 jumlah penduduk sebesar 2,931 juta jiwa, meningkat menjadi 3,975 pada tahun 1980, 5,493 juta jiwa pada tahun 1990 serta 6,273 pada tahun 2000.

Ada 16 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan dengan jumlah penduduk 8.215.279 jiwa dan memiliki luas 93.066,94 Km². Kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan tersebut adalah : Kabupaten Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Penukal Abab Lematang Ilir, Ogan Komering Ulu Timur, Kota Lubuklinggau, Kota Pagar Alam, Kota Palembang dan Kota Prabumulih.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Selatan (Sumsel) memutuskan pelaksanaan lima pemilihan kepala daerah (Pilkada) di daerah itu dilaksanakan serentak pada Juni 2013. Ketua KPUD Sumsel Annisatul Mardiah, Jumat (6/4) mengatakan, "KPUD provinsi dan empat KPUD kabupaten sudah membahas dan sepakat untuk melaksanakan lima pilkada secara serentak, yaitu pemilihan Gubernur Sumsel, pilkada Kabupaten Banyuasin, pilkada Kabupaten Lahat, pilkada Kabupaten Empat Lawang dan pilkada Kabupaten Ogan Komering Ilir atau OKI."

#Untuk Hasil Quick Count Pilkada Sumsel 2013 - Lihat Klik Disini : Hasil Quick Count Pilkada Sumsel 2013

Hasil Quick Count Pilkada Serentak di Sumsel 2013 #Hasil Pilkada Lahat 2013 #Hasil Pilkada Banyuasin 2013 #Hasil Pilkada Empatlawang 2013 #Hasil Pilkada Ogan Komering Ilir 2013

Rapat pembahasan antara KPUD provinsi bersama KPUD empat kabupaten tersebut menurut Annisatul, "Kami sudah sepakat dengan waktu pelaksanaan pilkada, yakni baru sebatas bulan pelaksanaan. Untuk tanggal pelaksanaan pilkada belum bisa diputuskan, karena harus melalui sidang pleno KPUD." "Ini perintah undang-undang, KPU hanya menjalankan perintah dan bekerja sesuai dengan aturan yang ada," tambah Annisatul Mardiah.

Alasan pengabungan lima pilkada secara serentak tersebut, Ketua KPUD Sumsel menjelaskan sesuai dengan Pasal 235 ayat 2 UU No 12/2008 tentang Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang menyatakan penggabungan pelaksanaan pilkada gubernur dengan pilkada bupati/wali kota hanya dimungkinkan dalam kurun waktu 90 hari. Selain dasar dari UU No 12/2008 menurut Annisatul, pilkada serentak ini akan banyak menimbulkan dampak positif. "Seperti menghemat waktu, pikiran, tenaga, termasuk anggaran," ujarnya.

Selain membuat kesepakatan lima pilkada berlangsung serentak, KPUD Sumsel juga mulai bergerak mempersiapkan kebutuhan logistik untuk pilkada nanti. "KPUD sekarang menginventarisir, terutama mengenai jumlah penduduk atau mata pilih. Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten/kota se-Sumsel, agar data yang didapat ini benar-benar valid. Untuk pilkada serentak ini nanti, kami masih berpatokan pada KTP lama karena e-KTP belum ada yang selesai 100%," tuturnya.

Terhadap kesepakatan tersebut, empat KPUD kabupaten yang akan melaksanakan pilkada pada 2013 sudah mulai melakukan pembenahan dan persiapan. Menurut Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPUD Kabupaten Banyuasin Irma Cristiana, "Dengan pelaksanaan pilkada serentak ini, KPUD Banyuasin harus mengundur penyelenggaraan pilkada di Kabupaten Banyuasin. Seharusnya pilkada diselenggarakan pada Mei 2013." - Hasil Quick Count Pilkada -

#Untuk Hasil Quick Count Pilkada Sumsel 2013 - Lihat Klik Disini : Hasil Quick Count Pilkada Sumsel 2013

Hasil Quick Count Pilkada Serentak di Sumsel 2013 #Hasil Pilkada Lahat 2013 #Hasil Pilkada Banyuasin 2013 #Hasil Pilkada Empatlawang 2013 #Hasil Pilkada Ogan Komering Ilir 2013
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger