Hasil Hitung Cepat Pilkada Mamasa 2013

Pilkada Kabupaten Mamasa Sulawesi BaratKabupaten Mamasa adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Barat dengan Ibu kota kabupaten di Kota Mamasa. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mamasa menetapkan tujuh pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung di Pilkada Mamasa dalam rapat pleno. Tujuh pasangan calon ini ditetapkan lengkap dengan nomor urutnya setelah dilakukan pengundian menggunakan bola dalam toples. Ketujuh pasangan Calon Bupati tersebut adalah :

1. Mario Said - Simon (MarsS)
2. Ramlan Badawi - Victor Paotonang (Harapan)
3. Dr Elypas - Prof Wempy
4. Rudyanto - Hapri
5. Obed Nego Deparinding - David Bambalayuk (Obama)
6. Mervie Parasan - Saharuddin Tinggi
7. Ir Linggi - Ir Edy Muliono

Sementara satu pasang calon yang dinyatakan tidak lolos, yakni Benyamin YD–Sudirman Darius. Pasangan ini dinyatakan tidak lolos karena wakilnya Sudirman Darius telah menyatakan mundur dari pencalonan. Penetapan tujuh pasangan calon ini mendapat pengamanan ketat dari aparat gabungan TNI dan Polri. Kapolres Mamasa AKBP I Made Sunarta mengatakan, ratusan personel diturunkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Apalagi penetapan kandidat bersentuhan dengan pendukung tiap calon.

#Untuk Hasil Quick Count Pilkada Mamasa 2013 - Lihat Klik Disini : Hasil Quick Count Pilkada Mamasa 2013 -

Pemilihan kepala daerah Mamasa, Sulawesi Barat, akan digelar pada 6 Juni 2013. Diperkirakan sekitar 145.000 pemilik suara akan memilih pasangan calon terbaik yang paling pantas memimpin Mamasa untuk 5 tahun kedepan. Sementara itu berdasarkan hasil Survey yang dirilis Berita Kota pada awal bulan Maret yang lalu, IPI (Index Politica Indonesia) menempatkan 3 besar kandidat terpopuler dari 7 kandidat yang akan bertarung di Pilkada Mamasa masing-masing sebagai berikut :

Pasangan Ramlan Badawi (Petahana) - Victor Paotonan dengan tingkat Popularitas 86% dan tingkat elektabilitas sekitar 37,11 %, Ditempat kedua Obednego Deparinding (Mantan Bupati) berpasangan dengan David Bambalayuk tingkat popularitas mencapai 85% dan tingkat elektabilitas sekitar 21,69 % dan ditempat ketiga pasangan Rudyanto berpasangan dengan Hapri Demmalima tingkat popularitas 68% dan elektabilitas 14,10%.

Kandidat yang akan bersaing ketat dalam Pilkada Mamasa yaitu pasangan yang diusung Demokrat Hanura Partai Buruh dan Partai Pelopor Pasangan Rudi - Hapri dengan Pasangan Petahana Ramlan Badawi - Victor Paotonan. Jika Pilbup jadi dua putaran, dua paket ini diprediksi bakal maju ke putaran kedua. Kedua paket itu didukung partai politik besar tingkat nasional dan koalisi partai-partai yang memiliki suara signifikan di wilayah Sulawesi Barat serta dukungan tokoh adat dan tokoh politik lokal.

#Untuk Hasil Quick Count Pilkada Mamasa 2013 - Lihat Klik Disini : Hasil Quick Count Pilkada Mamasa 2013 -

Sementara itu Pasangan Incumbent Bupati Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) H Ramlan Badawi dan Victor Paotonan (HARAPAN) yang diusung koalisi empat partai politik yakni Golkar, PKB, PDIP dan PAN untuk sementara tingkat elektabilitasnya (keterpilihan) mengungguli rival-rivalnya di Pemilukada Mamasa. Hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Lembaga Survei SSI (Script Survei Indonesia) menempatkan pasangan HARAPAN ini unggul dengan tingkat popularitas 96,8 persen dan elektabilitas 38,7 persen.

Posisi kedua pasangan yang diusung Partai Demokrat, Pelopor, PKPI, Hanura dan Partai Buruh, Rudyanto-Hapri Demmalima (Rudy-Hapri) tingkat popularitas 74,5 persen dan elektabilitas 13,2 persen. Ketiga pasangan yang diusung PDK, PBB dan PMB, Mario Said Saggaf-Simon (MARSS) dengan tingkat popularitas 72,6 persen dan elektabilitas 7,1 persen. Keempat pasangan yang diusung PIB dan PBR, Obednego Depparinding-David Bambalayuk (OBAMA) dengan tingkat popularitas 85,2 persen dan elektabilitas juga 7,1 persen. Pasangan independen Linggi Edy Muliono Pualillin (LIDY Bersatu) di peringkat kelima dengan popularitas 67,7 persen dan elektabilitas 4,8 persen.

Posisi keenam pasangan yang diusung Partai-partai Non Parlemen, Benyamin YD-Sudirman Darius (BYD-Serius) dengan tingkat popularitas 65,5 persen dan elektabilitas 3,5 persen. Posisi ketujuh pasangan jalur Independen, Elypas Palangi-Wempi Banga (ELY-WIN) dengan tingkat popularitas 70,3 persen dan elektabilitas 1,3 persen. Sedangkan urutan terakhir ditempati pasangan yang diusung PPP, PDS, Mervie Parasan-Saharuddin Tinggi (MP-SAH) dengan tingkat popularitas 55,5 persen dan elektabilitas 1,0 persen.

Survei SSI dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga 14 Maret 2013 dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling pada 17 kecamatan dan 176 desa/kelurahan dengan jumlah responden 310 orang, tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 3,5 persen. Dari hasil analisis SSI, persentase yang belum menentukan pilihan cukup besar yakni 23,2 persen. Menurut Yuhardin, banyaknya pemilih yang belum menentukan pilihan karena pemilih masih menunggu bagaimana program unggulan yang akan diusung oleh masing-masing kandidat. -Berbagai Sumber-

#Untuk Hasil Quick Count Pilkada Mamasa 2013 - Lihat Klik Disini : Hasil Quick Count Pilkada Mamasa 2013 -

Google Search : Hasil Hitung Cepat Pilkada Mamasa 2013
News Article About : Hasil Hitung Cepat Pilkada Mamasa 2013 | Peristiwa Fenomena
Hasil Hitung Cepat Pilkada Mamasa 2013 : 9 out of 10 based on 234 ratings - 72 user reviews.