Headlines News :
Home » » Kampanye Dialog Senyapkan Pilkada Serentak

Kampanye Dialog Senyapkan Pilkada Serentak

hasil quick count Pilkada 2015 SerentakMenteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan keyakinannya bahwa partisipasi pemilih dalam pilkada serentak akan tinggi. Ia mengaku tidak khawatir meski masa kampanye jelang pilkada tidak tampak keriuhannya.

"Tidak khawatir. Karena kampanye terbuka tetap diberikan tetapi kampanye dialog diperbanyak," kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/11/2015).

Tjahjo menegaskan, pengaturan cara berkampanye merupakan salah satu poin pembelajaran politik dari pilkada serentak. Kampanye diharapkan lebih banyak berkomunikasi dengan masyarakat ketimbang membuat kampanye akbar dengan biaya besar. Bagi Tjahjo, kampanye tidak selalu harus dilakukan dilapangan dengan panggung yang besar.

Ia menilai kampanye berdialog langsung dengan masyarakat juga sangat efektif, lebih hemat anggaran, dan dapat mengetahui aspirasi dan masalah di lapangan.

"Lebih banyak dialog, jadi kesan hura-hura hilang. Aspek-aspek money politics, aspek manipulasi surara, aspek pengawasan itu yang harus menjadi titik utama," ujar Tjahjo.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger