Headlines News :
Home » » Makam Sultan Ternate ke IV di Kedaton Ici Ternate

Makam Sultan Ternate ke IV di Kedaton Ici Ternate

Kronologi Penyebab Makam Sultan Ternate ke IV di Kedaton Ici TernateWarga adat Kesultanan Ternate, dihebohkan dengan munculnya sebuah jere atau makam, tepatnya di depan Kedaton Ici Kesultanan Ternate di Kelurahan Bula, Kecamatan Ternate Pulau, Kota Ternate, Maluku Utara. Fanyira Sake Kesultanan Ternate, Wade Hi Abas mengatakan, hal tersebut ditemukan seorang warga Kelurahan Marikurubu bernama Jasmin. Warga tersebut mengatakan bakal muncul sesuatu di Kedaton Ici. Pihak kesultanan kemudian menghadirkan Jasmin guna menunjukkan tempat makam tersebut.

“Jadi, ada informasi dari orang (Jasmin) bahwa kedaton kecil (Ici) bakal muncul sesuatu. Kemudian saya suruh orang tersebut datang dan sampaikan di mana tempatnya. Dia langsung berdiri, saya langsung minta Pak Imam Kedaton Ici silakan ke tempat mana yang ditunjukkan,” papar Wade kepada wartawan di Kedaton Ici Ternate, Minggu (19/6/2016) malam.

Saat dilihat ke lokasi yang ditunjuk, lanjut Wade, terdapat dua batu yang merupakan nisan makam yang baru muncul. Untuk menguji makam tersebut menjadi sebuah keramat, Wade lantas mengambil dua gelas air laut. Satu gelas ditaruh di dalam makam dan satu gelas lainnya diletakkan di dalam kedaton. “Saya ini orang yang tidak percaya mistik, tapi ada bisikan orang menyuruh coba ambil air laut untuk ditaruh. Saya ambil air laut dua gelas, satu gelas saya tinggalkan di nisan, satunya di dalam kedaton tepatnya di meja baca. Dari jam 02.00 malam sampai jam 06.00 pagi saya angkat dan gabungkan dalam kedaton, malamnya dibacakan ayat-ayat suci,” ungkap Wade.

Selesai membacakan ayat-ayat suci, air tersebut berubah warna. Satu gelas terlihat jernih dan satunya berwarna kekuningan. Selain berubah warna, rasa air laut pun berubah sehingga tidak terasa asin lagi dan menjadi tawar. “Kami merasakan air asin itu sudah terasa tawar. Itu dirasakan semua warga di kedaton. Rasanya tidak seperti air yang sering dinikmati di bumi ini,” sebutnya. Sebelumnya areal Kedaton Ici tidak ditemukan makam. Namun, kini muncul makam yang diyakini sebagai keramat sehingga langsung dijaga agar tidak dirusak warga yang tidak mengetahuinya.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger