Headlines News :
Home » » Fenomena Suhu di Bandung Dingin Hari ini

Fenomena Suhu di Bandung Dingin Hari ini

Kronologi Penyebab Suhu di Bandung Dingin Hari iniSuhu di wilayah Bandung Raya ang sangat dingin dalam beberapa hari ini merupakan fenomena yang wajar di musim kemarau. Mendinginnya Bandung di musim kemarau ini terendah di wilayah Bandung Raya pada kisaran 16 derajat celcius. Untuk pekan ini, suhu terendah di Kota Bandung mencapai 16,4 derajat celcius. Sedangkan di wilayah Lembang mencapai 13 derajat celcius. Menurut Peneliti Cuaca dan Iklim BMKG Provinsi Jawa Barat kemungkinan besar rasa dingin itu akan beberapa kali menerpa dan puncak kemarau diperkirakan pada Agustus hingga September.

Untuk Jawa Barat, periode musim kemarau datang pada bulan Juni dengan terlebih dahulu masuk di wilayah sekitar pantura. Kemudian terus bergerak ke arah selatan. Pada saat musim kemarau, angin bertiup yang melewati Jawa Barat, adalah angin pasat tenggara atau angin timuran dari arah Benua Australia. Sedangkan pada bulan Juli, Agustus, September, di Australia sedang mengalami puncak musim dingin. Sehingga suhunya relatif lebih dingin dibandingkan musim penghujan.

Kondisi saat ini dipengaruhi juga dengan masih adanya kelembapan pada ketinggian permukaan hingga 1,5km di atas permukaan laut. Pada ketinggian tersebut relatif lembap, sehingga pada sore hari masih terlihat adanya pembentukan awan. Akan tetapi, pada ketinggian 3km di atas permukaan laut relatif kering, sehingga potensi awan yang terbentuk untuk terjadi hujan relatif kecil. Dampaknya kondisi kelembapan pada malam hingga pagi hari. Ini yang menambah kondisi suhu udara menjadi dingin.

Dari pantauan alat pengukur suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung tercatat selama bulan Juli 2019 ini, suhu udara terendah tercatat sebesar 16,4 derajat celcius pada tanggal 12 Juli 2019. Sedangkan di lokasi dengan elevasi yang semakin tinggi seperti di pos observasi geofisika Lembang (1241 meter) tercatat 13,0 derajat Celcius pada tanggal 16 Juli 2019. Dengan karakteristik cuaca seperti ini diimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kondisi badan supaya tetap fit. Salah satu di antaranya, saat bepergian ke luar rumah selalu mengenakan baju hangat atau jaket. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah-buahan serta sayuran.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger