Headlines News :
Home » » Saraswati - Peringatan Hari Lahir Pengetahuan

Saraswati - Peringatan Hari Lahir Pengetahuan

Saraswati - Peringatan Hari Lahir PengetahuanSaraswati (Dewanagari: सरस्वती; IAST: Sarasvatī) adalah salah satu dari tiga dewi utama dalam agama Hindu, dua yang lainnya adalah Dewi Sri (Laksmi) dan Dewi Uma (Durga). Saraswati adalah sakti (istri) dari Dewa Brahma, Dewa Pencipta. Saraswati berasal dari akar kata sr yang berarti mengalir. Dalam Regweda V.75.3, Saraswati juga disebut sebagai Dewi Sungai, disamping Gangga, Yamuna, Susoma dan yang lainnya.

Pelajar dari seluruh jenjang pendidikan di Bali mulai sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) hingga perguruan tinggi mengikuti perayaan Saraswati, hari lahirnya ilmu pengetahuan, Sabtu (28/11/2015). Para siswa dari seluruh jenjang pendidikan itu mengenakan busana adat nominasi warna putih, melakukan persembahyangan di tempat suci (Pura) sekolah masing-masing. Pada hari lahirnya ilmu pengetahuan ini, para siswa tidak mengikuti proses belajar mengajar seperti hari-hari biasa. Setelah melakukan persembahyangan bersama, mereka dizinkan pulang.

Saraswati - Peringatan Hari Lahir PengetahuanMeski begitu, usai upacara tersebut, sejumlah siswa SMP, SMA dan sekolah menengah kejuruan (SMK) kembali melakukan persembahyangan yang sama di Pura Agung Jagatnata, jantung kota Denpasar. Mereka berbaur dengan umat Hindu mengikuti persembahyangan di Pura Agung Jagatnata secara khidmat dan khusuk. Persembahyangan tersebut diiringi pembacaan ayat-ayat suci agama Hindu (Kekidung) serta alunan instrumen gamelan, salah satu jenis kesenian tradisional Bali.

Direktur Program Doktor Ilmu Agama Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, Dr. Ketut Sumadi mengatakan, umat Hindu pada Hari Raya Saraswati melakukan pemujaan terhadap Dewi Saraswati, Dewa ilmu pengetahuan, nanifestasi Tuhan Yang Maha Esa. Dewi Saraswati memiliki empat tangan masing-masing memegang keropak yang melambangkan usaha mendalami ilmu pengetahuan, bunga teratai (lambang kesucian), genitri (belajar seumur hidup) serta alat musik (ilmu pengetahuan yang indah dan berirama). Ilmu pengetahuan, ujar Ketut Sumadi, diibaratkan sebagai air jernih yang terus mengalir tidak terbendung.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger