Headlines News :
Home » » Info BMKG - Gempa Bumi Padang Sumbar

Info BMKG - Gempa Bumi Padang Sumbar

Penyebab Info BMKG - Tsunami Gempa Bumi Padang SumbarGempa bumi berkekuatan 6,5 SR mengguncang pesisir selatan Sumatera Barat. Berdasarkan analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), intensitas gempa tektonik itu terjadi cukup keras di sekitar Painan, Bengkulu, Kepahiyang, Padang dan Padang Panjang. Gempa bumi terjadi pada pukul 05.56 WIB. Gempa berkekuatan 6,5 Magnitude dengan kedalaman 72 km berada tepat di lokasi 2.29 Lintang Selatan (LS) dan 100.46 Bujur Timur (BT). Setelah diperbarui, BMKG mencatat gempa tektonik itu memiliki kekuatan 6,5 Magnitude dengan kedalaman 70 km. Lokasinya berada di 2.16 Lintang Selatan (LS) dan 100.70 Bujur Timur (BT).

BMKG memastikan gempa bumi yang berpusat di laut 79 Km Barat Daya Pesisir Selatan Sumatera Barat (Sumbar) tidak berpotensi tsunami karena kedalamannya cukup dalam (72 km). Dari hasil monitoring BMKG, selama satu jam belum ada gempa bumi susulan. "Sesuai dengan laporan masyarakat yang diterima BMKG bahwa gempa bumi dirasakan cukup keras di Painan, Kepahiyang, Padang dan Padang Panjang, Sumatera Barat dan Bengkulu," terang Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Mochammad Riyadi melalui keterangan tertulis, Kamis (2/6/2016). Berdasarkan parameter, lanjut Riyadi, gempa bumi disebabkan oleh aktivitas subduksi penunjaman lempeng Indo-Australia terhadap Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber memperlihatkan, gempa bumi ini dibangkitkan oleh aktivitas sesar yang naik.

BMKG mengungkapkan, sementara ini belum ada laporan informasi mengenai kerusakan. Meski demikian, BMKG akan terus memonitor perkembangan dan laporan dari lapangan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti setiap arahan yang diberikan oleh BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggungjawab mengenai gempa bumi dan tsunami. "Agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan yang pada umumnya kekuatannya semakin mengecil," pungkasnya. (Detik)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger