Headlines News :
Home » » Doodle Ulang Tahun ke-114 Eiji Tsuburaya

Doodle Ulang Tahun ke-114 Eiji Tsuburaya

Doodle Ulang Tahun ke-114 Eiji TsuburayaEiji Tsuburaya (1901-1970) adalah salah satu tokusatsu kantoku terkenal di Jepang, dan dialah yang telah memproduksi dan memopulerkan karakter Godzilla and Ultraman. Tsuburaya bukan artis FX pertama, tetapi dia telah berhasil membuat pertunjukan efek khusus di Jepang menjadi sesuatu hal yang berbeda. Tokusatsu (特撮) adalah istilah dalam bahasa Jepang untuk efek spesial (efek khusus / efek visual) dan seringkali digunakan untuk menyebut film sci-fi/fantasi/horor live-action produksi Jepang.

Ketika memproduksi suatu film yang mempertunjukkan makhluk-makhluk raksasa (seperti monster, superhero, alien, dsb.), Tsuburaya biasanya menggunakan teknik yang melibatkan maket miniatur yang canggih, dan untuk monsternya biasanya menggunakan stuntman dengan kostum monster (sekarang disebut "Suitmation") atau boneka yang bisa diatur gerakannya (Mothra, Dogora, etc.). Walaupun sekarang sudah banyak efek khusus yang menggunakan efek digital, metode tokusatsu Tsuburaya tetap dipergunakan sampai sekarang, dan sudah menjadi tradisi tersendiri.

Tsuburaya Productions (円谷プロダクション Tsuburaya Purodakushon?, atau Tsuburaya Pro (円谷プロ Tsuburaya Puro?)) adalah produksi studio di tokusatsu yang berbasis di Jepang dan didirikan pada tahun 1963 oleh direktur SFX Eiji Tsuburaya. Pencipta Ultraman dan Godzilla, pada hari ini Selasa 7 Juli 2015 dirayakan Google Doodle dalam memperingati ulang tahunnya yang ke-114. Ia lahir di Sukagawa, Fukusima, Jepang pada 7 Juli 1901 dan meninggal pada 25 Januari 1970.

Beliau adalah anak pertama dari Isamu dan Sei Tsuburaya dan dibesarkan oleh pamannya Ichiro serta nenek dari pihak ayah Natsu. Itu terjadi saat ibunya mneinggal dan ayahnya pindah ke China untuk bisnis keluarga. Pada usia 14 tahun tepatnya di tahun 1915 Eiji lulus SMA dan ingin mendaftar di Nippom sekolah Terbang di Haneda. Pada akhirnya Eiji Tsuburaya sekolah pedagangan dan sukses di departemen penelitian dan pengembangan Utsumi perusahaan mainan. Pada tahun 1919 ia ditawari pekerjaan oleh sutradara Yoshiro Edamasa.

Tahun 1939 ia menjabat sebagai kepala Visual Effects Departemen Toho. Pada masa inilah Eiji kemudian terlibat dalam film dengan menciptakan Godzilla pada tahun 1954. Keberhasilan Godzilla inilah yang kemudian mengantar lahirnya film-film fiksi ilmiah lainnya. Tidak salah kemudian bila Google menghormati tokoh Jepang ini atas karya-karyanya yang fenomenal. Eiji Tsuburaya Google Doodle Hari Ini, bisa disimak di halaman utama Google.co.id dan akan tertampil animasi khas Ultraman apabila kursor mouse diklik pada tombol play. Selamat ulang tahun Eiji Tsuburaya di Google Doodle Hari Ini.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Data Biografi | Mas Template
Copyright © 2011. Peristiwa Fenomena - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger